Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bahana Sekuritas: Pertumbuhan Kredit Bank 2017 di Kisaran 9-10 Persen

Kompas.com - 25/09/2017, 14:07 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bahana Sekuritas memprediksi pertumbuhan kredit perbankan berkisar antara 9 sampai 10 persen hingga akhir tahun 2017.

Prediksi ini didasarkan pada permintaan kredit konsumer dan korporasi yang masih akan meningkat.

"Pada akhir Juli 2017, kredit tumbuh 8,2 persendibanding periode yang sama tahun lalu, yang merupakan akselerasi dibanding pertumbuhan 7,7 persen pada akhir Juni 2017," kata Plt Kepala Riset dan Strategi Bahana Sekuritas Henry Wibowo dalam laporannya, Senin (25/9/2017).

Sementara itu, rasio kredit bermasalah atau non-performing loan (NPL) tercatat sebesar 3 persen pada akhir Juli 2017. Angka ini sedikit lebih baik dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar 3,18 persen.

"Seiring dengan peningkatan permintaan kredit serta rasio kredit bermasalah yang perlahan turun, biaya cadangan atau provisi perbankan semakin kecil, sehingga laba bersih industri perbankan akan membaik hingga akhir tahun ini," ujar Henry.

Ia menilai, penurunan pencadangan cenderung tidak akan berdampak terlalu banyak pada laba perbankan tahun depan. Akan tetapi, laju permintaan kredit tahun depan diperkirakan lebih tinggi dibanding tahun ini karena kegiatan kampanye pemilu sudah akan dimulai.

Berkaca pada data kredit perbankan berdasarkan sektor hingga akhir Juli 2017, terlihat peningkatan kredit dari sektor konsumer yang mengambil porsi 28 persen dari total kredit. Angka tersebut tumbuh 10,1 persen secara tahunan (yoy).

Kredit modal kerja yang mengambil porsi 47 persen dari total kredit, meningkat 8,1 persen dibanding Juli tahun lalu. Adapun kredit investasi yang mendapat porsi 25 persen dari total kredit nasional, tumbuh 6,4 persen dibanding periode yang sama tahun lalu.

Bank Indonesia (BI) sendiri memproyeksikan pertumbuhan kredit perbankan mencapai 8 hingga 10 persen pada tahun 2017 ini. Dana pihak ketiga (DPK) diperkirakan tumbuh 9 sampai 11 persen. Adapun untuk tahun 2018, pertumbuhan kredit diprediksi mencapai 9-11 persen.

Hingga Agustus 2017 secara tahunan, pertumbuhan kredit per sektor yang mengalami pertumbuhan tertinggi adalah konstruksi, yakni 22,9 persen. Sektor berikutnya yang mengalami pertumbuhan tertinggi adalah jasa sosial sebesar 17,5 persen, listrik 12,5 persen, dan pertanian 11,4 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com