Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemenhub Siapkan 100 Bus untuk Angkut Calon Penumpang Pesawat Keluar Bali

Kompas.com - 27/09/2017, 13:32 WIB

DENPASAR, KOMPAS.com - Mengantisipasi erupsi Gunung Agung, Kementerian Perhubungan menyiagakan 100 bus untuk mengangkut calon penumpang pesawat menuju bandara lain di luar Pulau Bali.

Bus-bus tersebut dioperasikan jika erupsi Gunung Agung mengganggu operasional Bandara Ngurah Rai Bali, sehingga membuat pesawat tidak bisa mendarat maupun terbang dari bandara tersebut.

"Bus-bus itu akan memindahkan calon penumpang pesawat menuju bandara lain di sekitar Bali seperti Banyuwangi, Lombok, maupun ke Surabaya," ujarnya Rabu (27/9/2017).

Diperkirakan terdapat sekitar 5.000 penumpang yang akan terdampak bila bandara Ngurah Rai ditutup akibat erupsi Gunung Agung.

"Dari 5.000 penumpang yang diperkirakan terdampak, 70 persennya diperkirakan akan keluar dari Bali sementara itu 30 persen di antaranya merupakan penumpang yang berasal dari Bali sehingga tidak diperlukan kendaraan untuk mengantar,” jelas Menhub.

Setelah tiba di Surabaya, Banyuwangi dan Praya, calon penumpang peswat tersebut diserahkan kepada masing-masing maskapai penerbangan.

Sejauh ini ada 10 bandara yang disiapkan adalah untuk alternatif pendaratan (divert) terhadap pesawat yang sudah terbang menuju Bali.

“Jadi, pesawat akan didaratkan ke lokasi terdekat pesawat itu berada atau arah datangnya pesawat. Contohnya jika pesawat tersebut berada di posisi dekat bandara di Makassar, maka pesawat tersebut akan mendarat disana (Makassar). Untuk pengalihan tersebut nanti Airnav yang akan melakukan,” terang Menhub.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com