Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dorong UKM Indonesia, Shopee Investasikan Rp 100 Miliar

Kompas.com - 27/09/2017, 20:15 WIB
Pramdia Arhando Julianto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Shopee, perusahaan e-commerce asal Singapura menginvestasikan dana sebesar Rp 100 miliar untuk pengembangan UKM lndonesia.

Chief Executive Officer (CEO) Shopee Chris Feng mengatakan, pihaknya memiliki program khusus untuk pengusaha lokal di Indonesia guna mendorong kemajuan perkembangan e-commerce.

"Shopee memiliki komitmen investasi sebesar Rp 100 Miliar untuk mendukung pengusaha lokal melalui program-programnya," ujar Chris Feng saat berbincang dengan Kompas.com di Kantor Shopee, Wisma 77, Jakarta, Rabu (27/9/2017).

Menurutnya, program pengembangan UKM diperkenalkan sejak tahun 2015 yang dikenal dengan Kampus Shopee. Ini merupakan sesi edukasi atau tutorial yang disiapkan Shopee untuk membantu mengembangkan bisnis online UKM.

"Tahun ini, Shopee juga melakukan roadshow Kampus Shopee di 13 kota di seluruh Indonesia. Selain itu, Shopee melaksanakan Ngupee Shopee, sebuah sesi berbagi pengalaman antar pengusaha lokal setiap dua minggu sekali," jelasnya.

Selain itu, lanjut Feng, Shopee Indonesia juga memberikan bantuan dana langsung kepada UKM terpilih melalui program Shopee untuk Negeri dengan membantu mereka mengembangkan bisnisnya.

Pada semester I 2017, perusahaan e-commerce Shopee membukukan transaksi (gross merchandise value) senilai 3 miliar dollar AS. Perusahaan yang bermarkas di kawasan Sience Park Singapura ini pun menargetkan pertumbuhan bisnis hingga mencapai angka dua digit sampai akhir tahun 2017.

Hingga Juli 2017, 50 juta orang di tujuh negara yang mengunduh aplikasi Shopee. Dari jumlah tersebut, 18 juta di antaranya berasal dari Indonesia.

Sementara sisanya tersebar di Singapura, Malaysia, Thailand, Vietnam, Filipina dan Taiwan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com