Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mencegah Indonesia Berada di Urutan Bontot

Kompas.com - 28/09/2017, 21:37 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Asuransi Jagadiri menggelar donasi pembagian buku bacaan bagi anak-anak kelompok marginal yang dibina Yayasan Sahabat Anak (YSA). Menurut rilis yang diterima Kompas.com hari ini dari perusahaan Central Asia Finance (CAF) yang merupakan bagian dari Salim Group tersebut, salah satu pertimbangan dilaksanakannya program ini adalah studi Central Connecticut State University pada 2016.

Judul studi ini adalah Most Literate Nation in The World. Pada studi ini itu, Indonesia ada di posisi 60 dari 61 negara soal minat baca. Semakin rendah posisi itu, semakin terlihat kualitas suatu negara.

Di kawasan ASEAN, Indonesia kalah dengan Thailand yang menempati posisi nomor 59. Lantas, penghuni dasar peringkat adalah Botswana. Upaya Jagadiri ini bisa diartikan sebagai langkah nyata mencegah Indonesia berada di urutan bontot peringkat literasi tersebut.

Donasi itu, kata Riccardo Frederik, Manager of Strategic Marketing PT CAF, masih dalam rangka memperingati bulan Gemar Membaca yang jatuh pada September dan telah dicanangkan oleh pemerintah Indonesia sejak 1995. Program donasi yang dilakukan bersama warganet dan seluruh karyawan Jagadiri ini telah dimulai Juli 2017.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com