Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menteri ESDM Ajak PMKRI Membangun Bangsa dengan Semangat Pancasila

Kompas.com - 30/09/2017, 20:17 WIB

MAKASSAR, KOMPAS.com - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan menegaskan bahwa membangun indonesia harus melalui semangat persatuan dalam bingkai Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika.

Hal tersebut dikatakan Jonan saat kegiatan Dialog Terbuka dalam acara Konferensi Studi Nasional (KSN) yang digelar oleh Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI). 

Dialog terbuka tersebut mengusung tema " Radikalisme dan Kesenjangan Sosial dalam Dimensi Pembangunan Nasional" yang diadakan pada Sabtu (30/09/2017) di aula hotel Clarion di Makassar, Sulawesi Selatan.

Menurut Jonan, PMKRI tidak boleh merasa sebagai kaum minoritas di tengah perbedaan, sebab membangun bangsa semangatnya adalah Pancasila.

Jonan juga mengajak kepada semua angggota PMKRI agar bisa bersikap inklusif dalam melihat perbedaan yang ada di indonesia.

"PMKRI tidak boleh eksklusif dalam melihat perbedaan yang ada serta jangan merasa sebagai kaum minoritas" ungkap Jonan melalui rilis yang diterima Kompas.com. 

Dalam sesi diskusi selama 1 jam bersama peserta KSN PMKRI dari 33 cabang yang hadir, Jonan menjelaskan beberapa program yang sudah dijalankan maupun yang akan di jalankan oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Ketua PP PMKRI Angelo Wake Kako pada kesempatan yang sama mengatakan, Forum KSN menjadi forum strategis bagi PMKRI untuk mengkaji permasalahan actual bangsa, dan kali ini persoalan radikalisme dan kesenjangan sosial menjadi topik kajian PMKRI.

Angelo menjelaskan bahwa dasar pijakan PMKRI mengusung tema radikalisme dan kesenjangan sosial adalah menguatnya paham fundamentalisme, yakni fundentalisme pasar dan fundamentalisme agama dalam konteks kebangsaan Indonesia saat Ini.  

Ketua PP PMKRI periode 2016 -2018 ini juga mengharapkan agar kiranya forum ilmiah KSN bisa menghasilkan rekomendasi-rekomendasi strategis guna perbaikan bangsa kedepan. 

Selain itu, PMKRI akan ikut terlibat secara nyata melalui aksi-aksi nyata yang akan dijalankan di seluruh Indonesia.

Kompas TV Demokrasi Kebablasan?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com