Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Investasi China di Sumut, Mulai Jalan Tol Sampai Pembangkit Listrik

Kompas.com - 30/09/2017, 21:12 WIB
Kontributor Medan, Mei Leandha

Penulis

MEDAN, KOMPAS.com - Kemitraan antara Sumatera Utara dengan Negara China sudah lama berlangsung. Kemitraan bertambah erat seiring adanya asosiasi provinsi bersaudara antara Pemerintah Provinsi Sumut dengan Provinsi Guangdong. Perekonomian pun meningkat berkat ekspansi investasi berbagai perusahaan China di Sumut.

"Iklim investasi yang bersahabat bagi investor asing terus kita tingkatkan. Saat ini, ada 13 perusahaan asal China yang berinvestasi di Sumut, mulai proyek jalan tol sampai pembangkit listrik," kata Gubernur Sumatera Utara Erry Nuradi.

Proyek jalan tol yang dibangun investor China adalah jalan tol Medan-Kualanamu. Sementara untuk proyek pembangkit listrik, investor China berinvestasi pada pembangkit listrik sebesar 2X150 megawatt di Kawasan Industri Medan (KIM) dan pembangkit listrik tahap satu sebesar 2X250 megawatt di Pangkalansusu, Kabupaten Langkat.

"Saya harap dapat dilanjutkan terus. Kerja sama ini tidak hanya menguntungkan kedua negara, juga memberikan dampak positif bagi kawasan dan dunia. Momentum peringatan 68 tahun berdirinya Republik China dapat memperkuat kemitraan strategis di berbagai bidang di Sumut," ucap Erry.

Konsulat Jenderal Republik China di Medan, Sun Ang mengatakan, Tiongkok sudah menjadi masyarakat ekonomi terbesar kedua dunia yang memiliki industri manufaktur, hak paten dan perdagangan terbesar.

"Tahun ini adalah yang ke-67 tahun Tiongkok dan Indonesia membangun hubungan diplomatik. Kami akan terus memperluas kerja sama di berbagai bidang, khususnya di Sumut," ujar Sun Ang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com