Mengapa Pinjaman Buat Bisnis Terus Bergulir? - Kompas.com

Mengapa Pinjaman Buat Bisnis Terus Bergulir?

Kompas.com - 05/10/2017, 15:00 WIB
Ilustrasi uang tebusan.Shutterstock Ilustrasi uang tebusan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Tentunya dalam menjalankan bisnis, Anda membutuhkan modal atau dana yang digunakan untuk mengembangkan bisnis tersebut.

Dana tersebut bisa saja Anda dapatkan dari tabungan ataupun aset yang dimiliki. Namun, dana bisnis juga bisa didapatkan dari pinjaman, entah dari bank, kelompok, ataupun perorangan.

Tak semua pinjaman mesti dikonotasikan negatif. Dalam dunia bisnis, pinjaman-pinjaman tersebut merupakan hal yang wajar saja terjadi.

Dengan adanya pinjaman, Anda tentunya bisa menjalankan bisnis dengan lancar dan mengatasi segala masalah yang ada.

Tapi, Anda tentunya harus tahu dialokasikan ke mana pinjaman dana tersebut. Berikut alokasinya: 

1. Perluas Bisnis Perlu Dana. Pinjaman Jadi Salah Satu Solusi

Salah satu alasan mengapa banyak orang yang meminjam dana untuk bisnis yang dijalankan adalah untuk perluas bisnis.

Bila Anda sudah memiliki target untuk perluas bisnis yang dimiliki, tentu saja dana harus ada dan siap untuk diinvestasikan. Bila nantinya penjualan bisa meningkat secara drastis dan konsisten, tentu saja akan berpengaruh pada peningkatan keuntungan bisnis Anda.

Namun, dalam perluasan bisnis ini, tentu saja dibutuhkan perencanaan yang baik dan matang. Dengan begitu, nantinya pinjaman yang Anda lakukan bisa dialokasikan dengan benar dan tentu saja menguntungkan bisnis.

2.Pinjaman Jadi Suntikan Dana untuk Inovasi Produk

Agar bisnis yang Anda jalankan tetap berjalan dan tetap bertahan, tentu saja dibutuhkan inovasi agar bisa menghasilkan produk baru. Biasanya proses pengembangan produk ini membutuhkan dana untuk melakukan percobaan, riset, dan lainnya.

Yang terpenting adalah jangan pernah takut dan ragu ketika melakukan inovasi. Asalkan produk Anda nantinya bisa memenuhi kebutuhan pasar, tentunya keuntungan bisa didapatkan nantinya.

3.Tak Ada Namanya Kurang Modal Kalau Ada Pinjaman

Alasan lainnya mengapa pinjaman dana penting dan dibutuhkan dalam menjalankan bisnis adalah ketika Anda mengalami kekurangan modal. Dapat dikatakan jika alasan ini merupakan alasan klasik yang sering kali terjadi saat membangun sebuah bisnis.

Modal merupakan hal penting ketika Anda ingin membuka bisnis. Dengan demikian, saat Anda mengalami keterbatasan modal, tentu saja harus dipenuhi sehingga bisnis berjalan dengan lancar. Rancanglah pengajuan pinajaman modal Anda sehingga semuanya bisa berjalan sesuai dengan rencana.

4.Dapat Jadi Solusi Menyelesaikan Masalah Finansial

Dalam menjalankan sebuah bisnis, sudah pasti Anda akan menemukan adanya masalah yang bisa menimbulkan kerugian finansial.

Biasanya kerugian finansial ini dapat mengakibatkan penjualan produk yang tidak sesuai target. Adanya kesalahan produksi dan lainnya mengakibatkan terjadinya defisit.

Namun, tentunya kondisi ini tetap membuat Anda harus membayar gaji karyawan. Kondisi ini tentu membuat Anda mengalami kekurangan dana.

Karena kondisi ini, Anda tentunya harus memberanikan diri untuk mengajukan pinjaman yang mana digunakan untuk menuntaskan masalah finansial yang Anda alami.

Tak perlu khawatir, yang terpenting rancang uang pinjaman Anda sehingga nantinya tidak membuat pinjaman semakin menumpuk.

5.Sebagai Dana untuk Membeli dan Maintenance Peralatan

Setiap bisnis tentu saja memiliki peralatan yang digunakan untuk membantu proses produksi barang.

Ketika Anda mengalami peningkatan dalam bisnis usaha, tentu saja membutuhkan tambahan peralatan yang membuat bisnis tetap berjalan lancar.

Untuk itu, Anda bisa melakukan pinjaman dana yang digunakan untuk menambah dan memperluas perlengkapan sehingga proses produksi semakin lancar.

Selain itu, dana pinjaman tersebut juga bisa digunakan untuk merawat peralatan/perlengkapan yang Anda miliki sehingga dapat meningkatkan aktivitas bisnis Anda.

6.Sebagai Bentuk Antisipasi

Pinjaman dana juga bisa dijadikan sebagai bentuk antisipasi atau dapat dikatakan sebagai dana darurat untuk mempersiapkan bisnis ketika terjadi perubahan tren.

Seperti yang Anda ketahui, menjalankan bisnis terkadang tidak dapat diprediksi. Anda dapat mengalami naik dan turunnya alur bisnis sehingga penting persiapan tersebut agar mengantisipasi hal-hal yang bisa saja terjadi.

Tentukan Tujuan Pinjaman Dana

Sebelum mengambil pinjaman, pastikan jika Anda sudah memiliki tujuan untuk apa pinjaman tersebut.

Dengan begitu, pinjaman tersebut nantinya dapat dialokasikan dengan tepat dan membuat bisnis mengalami peningkatan keuntungan yang pesat. Jangan sampai perencanaan pinjaman yang tidak matang malah akan menimbulkan kerugian.

EditorAprillia Ika
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM