Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BKN Belum Keluarkan Jadwal Tes CPNS Gelombang II

Kompas.com - 06/10/2017, 17:46 WIB
Pramdia Arhando Julianto

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyatakan hingga saat ini belum mengeluarkan jadwal resmi terkait pelaksaan tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dengan sistem Computer Assissted Test (CAT) meskipun beberapa Kementerian dan Lembaga sudah mengumumkan nama-nama peserta yang lolos seleksi administrasi.

Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibasana, meminta para peserta CPNS yang sudah lolos administrasi untuk bersabar menunggu jadwal resmi untuk Seleksi Kemampuan Dasar berbasis komputer (SKD-CAT) CPNS gelombang II 2017.

"Mudah-mudahan sesegera mungkin sudah bisa menyampaikan jadwal," ujarnya dalam acara konfrensi pers di Kantor Pusat BKN, Cililitan, Jakarta Timur, Jumat (6/10/2017).

Bima mengatakan, belum keluarnya jadwal tes CPNS disebabkan oleh besarnya jumlah peserta yang mendaftar pada 61 Kementerian dan Lembaga, dengan ini menyebabkan ada beberapa Kementerian yang belum menyerahkan berkas kelulusan adiminstrasi peserta CPNS kepada pihak BKN. 

"Jumlah pesertanya terlalu banyak. Yang belum (kumpulkan data lulus administrasi) ada tiga laporannya. Kementerian Riset dan Teknologi, Kementerian Kesehatan, dan Kementerian Agama," ungkapnya. 

Selain itu, lanjut Bima, pihaknya juga perlu menyediakan berbagai sarana dan prasarana untuk menyediakan peralatan tes CPNS berbasis komputer termasuk menentukan lokasinya.

"Selain itu, masalahnya juga adalah jumlah pendaftar jauh lebih besar dari jumlah komputernya. Jadi kami lelang (pengadaan) puluhan ribu komputer, kami juga pontang-panting, dan kami juga akan sewa ruangan," papar Bima.

Berdasarkan data BKN, pada seleksi penerimaan CPNS gelombang II pada 2017 mencapai 1.295.925 orang.

Jumlah pelamar ini ?tercatat sejak dibukanya rekrutmen CPNS pada 11 September hingga ditutupnya pendaftaran pada 26 September 2017 pukul 00.01 WIB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com