Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nonton Nusa Dua Fiesta Tahun Ini Bayar Rp 50.000

Kompas.com - 09/10/2017, 21:03 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah 20 kali pelaksanaan, Pesona Mandiri Nusa Dua Fiesta yang ke-21 akan dikenakan biaya. Direktur Utama PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Abdulbar M Mansoer menjelaskan, masyarakat atau wisatawan yang akan menghadiri Pesona Mandiri Nusa Dua Fiesta mesti membayar tiket Rp 50.000.

"Tiket Rp 50.000 itu tiket terusan per hari, itu murah sekali karena banyak sekali atraksi. Jadi bukan hanya nonton band, rapi ada festifal film dan sebagainya," kata Abdulbar, di Kementerian BUMN, Jakarta Pusat, Senin (9/10/2017).

Abdulbar menjelaskan, pemerintah ingin mengangkat pamor karnaval ini. Pasalnya, selama 20 kali penyelenggaraan tiap tahun, justru banyak wisatawan mancanegara yang tak menghadiri karnaval tersebut. Sebab, kata Abdulbar, mereka berpikiran karnaval itu dipadati penonton jika gratis.

"Kalau (tiket) enggak digratiskan, kami bisa memberikan (pelayanan) yang terbaik. Kami targetkan dengan tiket, ada yang kami tingkatkan misalnya kursi lebih baik dan tenant ditata," kata Abdulbar.

Karnaval ini diselenggarakan di Pulau Peninsula The Nusa Dua, pada 11-15 Oktober 2017. Abdulbar menjelaskan, konsep pelaksanaan Pesona Mandiri Nusa Dua Fiesta seperti Java Jazz Festival. Melalui tiket terusan, pengunjung dapat memilih hari Pesona Mandiri Nusa Dua Fiesta untuk ditonton. Adapun target pengunjung karnaval ini sebanyak 34.000 pengunjung.

Corporate Secretary Bank Mandiri Rohan Hafas menjelaskan, pengunjung wajib menggunakan kartu e-money jika ingin membeli tiket Pesona Mandiri Nusa Dua Fiesta. Hal ini sekaligus untuk menggalakkan penerapan transaksi non tunai. Semakin banyak Bank Mandiri memasarkan e-money, akan semakin besar penggunaannya oleh masyarakat.

"Kami lebih menargetkan manfaat jangka panjang penggunaan e-money, soal profit ada di pengendapan e-money yang ditaruh di (biaya) top up e-money. Sekarang sudah ada 9,7 juta kartu e-money (yang diterbitkan) nasional, dengan ikut sponsor Nusa Dua Fiesta, mungkin bisa jadi 10 juta pemegang kartu e-money," kata Rohan.

Acara yang mengambil tema "The Colours of Nusa Dua" ini akan diramaikan dengan berbagai penampilan seni, budaya, musik, dan gaya hidup. Selain itu, akan diselenggarakan pameran produk kerajinan, fashion show, eksibisi dan kompetisi kuliner, Nusa Dua Coffee Week, Wine and Cheese Testing, beach movie, dan lain-lain.

Kemudian akan ada penampilan tari tradisional Bali, DJ Performance, dan penampilan musisi lokal seperti Balawan, Joni Agung, Gus Teja, Nidji, Andra & The Backbone, Rendy Pandugo, dan Java Jive. Rencananya, Menpar Arief Yahya akan membuka Pesona Mandiri Nusa Dua Fiesta 2017 pada 11 Oktober 2017.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com