Digitalisasi, Wujud Kekinian Bisnis Asuransi - Kompas.com

Digitalisasi, Wujud Kekinian Bisnis Asuransi

Josephus Primus
Kompas.com - 11/10/2017, 19:13 WIB
Rudy Chen, CEO Asuransi Astra pada Selasa (10/10/2017) menjelaskan mengenai Garda Oto Digital yang bisa diakses melalui berbagai piranti digital. Asuransi Astra Garda Oto Rudy Chen, CEO Asuransi Astra pada Selasa (10/10/2017) menjelaskan mengenai Garda Oto Digital yang bisa diakses melalui berbagai piranti digital.

KOMPAS.com - Digitalisasi di masa kini adalah keniscayaan. Hampir semua segmen bisnis terimbas oleh digitalisasi tak hanya dunia asuransi.

Ikhwal digitalisasi, sebagaimana rilis yang diterima Kompas.com hari ini dari Asuransi Astra menunjukkan bahwa perusahaan asuransi umum ini pun terus melakukan penyempurnaan. "Kami meluncurkan saluran baru bernama Garda Oto Digital," tutur CEO Asuransi Astra Rudy Chen.

Menurut Rudy, pihaknya menawarkan cara baru berasuransi di era kian maraknya perilaku digital (digital behavior) seperti saat ini. Asuransi Astra, lanjut Rudy, melihat bahwa pelanggan lebih mengutamakan kemudahan membeli polis dan melakukan klaim kendaraan melalui internet. Bahkan, kemudahan klaim menjadi salah satu pertimbangan utama mereka memilih perusahaan asuransi.

Lantaran alasan itu pula, Asuransi Astra membuka layanan bertajuk  #MakinGampang di laman gardaoto.com. Layanan ini khusus untuk pelanggan area Jakarta. Melalui layanan tersebut pelanggan bisa membeli polis asuransi melalui laman tersebut kapan saja.

Garda Oto Digital menyediakan layanan antar jemput kendaraan menuju bengkel dari lokasi pilihan pelanggan dan antar kembali dari bengkel. Selain itu, agar proses klaim dan perbaikan kendaraan sesuai jadwal, ada aplikasi Garda Mobile Otocare yang dapat membantu pelanggan agar #MakinGampang memantau status perbaikan kendaraan setiap saat.  
 

Aplikasi

Rental mobil yang baik menyediakan layanan asuransi bagi konsumennya.SHUTTERSTOCK Rental mobil yang baik menyediakan layanan asuransi bagi konsumennya.

Di samping meluncurkan Garda Oto Digital, di saat yang sama Asuransi Astra juga menyempurnakan dua aplikasi mobile yaitu Garda Mobile Otocare v3.0 dan Garda Mobile Medcare v2.0. Penyempurnaan tersebut terlihat dari perubahan utama pada fungsi yang dapat dinikmati pelanggan serta adanya fitur-fitur baru untuk nonpelanggan, khususnya komunitas.

Penambahan fitur baru dalam Otocare v3.0 yaitu Friends, Meet Up, Claim Report, Claim Status, Emergency, dan Event untuk Garda Mobile Otocare. Sedangkan, fitur-fitur baru dalam Medcare v2.0 yaitu Event, Friends, Meet Up, Challenge, Claim Status, dan Rating Provider.

Lebih lanjut Rudy mengatakan bahwa Garda Oto Digital melengkapi platform digital Asuransi Astra yang terdiri dari berbagai aplikasi seperti Garda Mobile Otocare, Garda Mobile Medcare, Garda Mobile HRakses, Garda Mobile CRakses, Garda Mobile Otosales, dan Garda Mobile Otosurvey.

"Saya berharap yang kami lakukan ini dapat memberi manfaat yang benar-benar berkesan untuk pelanggan sesuai strategi kami tahun ini yaitu simply memorable,” tutup Rudy.


PenulisJosephus Primus
EditorJosephus Primus
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM