Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8,8 Juta Petani Ditargetkan Dapat Kartu Tani Tahun Ini

Kompas.com - 11/10/2017, 22:04 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah mengelar rapat koordinasi terkait perkembangan program Kartu Tani. Hingga saat ini, baru 5,9 juta petani yang sudah mendapatkan kartu tersebut.

Usai rapat, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno mengatakan, pemerintah memiliki target membagikan Kartu Tani kepada 8,8 juta petani penerima subsidi pupuk yang sudah terverifikasi.

"Kami targetkan akhir tahun ini selesai," ujarnya di Kantor Koordinator Perekonomian, Jakarta, Rabu (11/10/2017).

Menurut Rini, pembagian Kartu Tani akan melibatkan bank-bank BUMN yaitu BRI, BNI, dan Bank Mandiri. Selain itu, penyaluran kartu tersebut juga menggandeng Kementerian Pertanian (Kementan).

Soal skema penggunaan, nantinya petani bisa memanfaatkan Kartu Tani untuk mengambil pupuk subsidi dari pemerintah. Petani hanya tinggal pergi ke kios-kios pupuk subsidi yang ditentukan pemerintah di daerah masing-masing.

Dengan penggunaan kartu tani, diharapkan penyaluran pupuk subsidi bisa lebih tetap sasaran. Sebab di dalam Kartu Tani tersebut terdapat data-data petani yang berhak menerima pupuk subsidi.

"Nantinya perbankan BUMN juga akan memverifikasi petani pemegang Kartu Tani agar bisa mendapat KUR (Kredit Usaha Rakyat)," kata Rini.

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, pemerintah akan menyiapkan payung hukum perluasan Kartu Tani. Rencananya payung hukum itu akan berupa Instruksi Presiden (Inpres).

Untuk memperlancar perluasan program Kartu Tani, pemerintah juga akan menyiapkan penyuluhan pertanian hingga memperkuat koordinasi antar bank pelaksana.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com