Menteri BUMN Ingin Divestasi Saham Freeport Segera Rampung - Kompas.com

Menteri BUMN Ingin Divestasi Saham Freeport Segera Rampung

Yoga Sukmana
Kompas.com - 11/10/2017, 22:16 WIB
Menteri BUMN Rini Soemarno saat berbincang dengan pedagang di Pasar Lama Puncak Jaya, PapuaKOMPAS.com/YOGA SUKMANA Menteri BUMN Rini Soemarno saat berbincang dengan pedagang di Pasar Lama Puncak Jaya, Papua

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara ( BUMN) Rini Soemarno menginginkan agar pelepasan 51 persen saham PT Freeport Indonesia rampung dalam waktu dekat. 

Namun ia menyadari hal itu tidak akan mudah mengingat alotnya negosiasi skema pelepasan saham perusahaan tambang asal Amerika Serikat (AS) itu.

"Proses divestasinya sendiri kami menekankan prosesnya harus selesai kuartal pertama 2019," ujarnya di Kantor Kementerian Koordinator Perekonomian, Jakarta, Rabu (11/10/2017).

Hingga saat ini, BUMN masih menyimpan hasrat besar untuk mengambil alih 51 persen saham PT Freeport Indonesia. Oleh karena itu, BUMN juga terus menghitung kalkulasi nilai saham Freeport.

Sementara terkait skema divestasi dan pajak untuk PT Freeport Indonesia, Rini menuturkan prosesnya masih berjalan di Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Namun karena masih tahap negosiasi, ia enggan membeberkannya.

"Pokoknya masih dalam tahap negosiasi," kata Rini.

Sebelumnya, Rini memastikan, PT Indonesia Asahan Alumunium (Inalum) akan mengambil alih 51 persen saham PT Freeport Indonesia. Bahkan ia percaya diri bahwa pengambilalihan 51 persen saham Freeport tak perlu menunggu holding BUMN yang rencananya akan diakukan untuk memperkuat BUMN pertambangan.

PenulisYoga Sukmana
EditorMuhammad Fajar Marta
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM