Cara Blibli.com Tingkatkan Daya Saing UMKM - Kompas.com

Cara Blibli.com Tingkatkan Daya Saing UMKM

Pramdia Arhando Julianto
Kompas.com - 11/10/2017, 22:27 WIB
Ajang Kompetisi The Big Start Indonesia 2017 Blibli.comKOMPAS.com/PRAMDIA ARHANDO JULIANTO Ajang Kompetisi The Big Start Indonesia 2017 Blibli.com

TANGERANG SELATAN, KOMPAS.com - Blibli.com sebagai salah satu e-commerce di Indonesia tengah berupaya meningkatkan daya saing dari produk Usaha Mikro Kecil Menengah ( UMKM) dalam negeri.

Melalui ajang kompetisi The Big Start Indonesia 2017, Blibli.com telah menjaring 20.000 pelaku usaha lokal dan telah terpilih 20 besar untuk memperebutkan total hadiah Rp 1 miliar.

"Kompetisi seperti ini kami nilai sangat penting sebagai upaya membuka kesempatan lebih luas dan menumbuhkan rasa optimisme pelaku industri kreatif lokal bahwa produk mereka juga bisa menjadi produk yang bersaing secara nasional," ujar Senior Vice President of Marketing Blibli.com, I Gusti Ayu Fadjar di The Breeze BSD, Tangerang Selatan, Rabu (11/10/2017).

Sementara itu, CEO Blibli.com Kusumo Martanto mengatakan, target pemerintah sebanyak 8 juta UMKM go digital pada 2020 mendatang bukanlah target main-main. Hal tersebut merupakan keharusan agar UMKM di Indonesia tidak tergerus perkembangan teknologi.

"UMKM di Indonesia masih haus akan pembekalan pengetahuan dan pelatihan tentang ilmu pemasaran digital hingga akses pasar yang lebih luas," ujarnya.

Dengan demikian, lanjut Kusumo, melalui ajang The Big Start Indonesia 2017 pihaknya menyiapkan berbagai pelatihan-pelatihan hingga ruang usaha bagi produk UMKM di Blibli.com.

"Kami ingin kegiatan ini dapat mewadahi para UMKM bisa tumbuh dari kecil ke menengah, dari menengah menjadi besar," pungkasnya.

Qowi, salah satu finalis asal Sulawesi Selatan program tersebut mengatakan, dirinya mengikuti ajang The Big Start Indonesia 2017 karena keinginan pribadi untuk mengembangkan usahanya.

Usahanya bergerak di bidang kuliner yakni coolies dengan memanfaatkan talas asal Sulawesi Selatan yakni Paccoo yang sering dianggap sebagai tanaman pengganggu oleh petani.

"Saya mendapatkan banyak pelajaran, pelatihan-pelatihan untuk mengembangkan usaha saya, Alhamdulillah masuk 100 besar, dan sekarang masuk finalis 20 besar, pelajaran dan pelatihan sangat perlu untuk pengembangan usaha saya," pungkasnya.

The Big Start Indonesia merupakan sebuah kompetisi yang diperuntukkan bagi para creativepreneur muda Indonesia yang memiliki skala usaha mikro kecil menengah (UMKM) dengan memberi kesempatan bagi mereka untuk bisa menunjukkan produk kreatif terbaiknya serta mempersiapkan diri menuju era digital khususnya e-commerce.


PenulisPramdia Arhando Julianto
EditorMuhammad Fajar Marta
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM