Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Enaknya Punya Kartu Tani?

Kompas.com - 12/10/2017, 07:30 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah berencana akan memperluas pemberian Kartu Tani kepada 8,8 itu petani penerima subsidi pupuk yang sudah diverifikasi. Kartu tersebut dinilai cukup efektif membuat penyaluran pupuk subsidi menjadi lebih sasaran.

Lantas apa manfaat Kartu Tani bagi para petani? Kartu Tani merupakan alat transaksi berupa kartu debit yang dapat digunakan oleh para petani untuk membeli pupuk bersubsidi.

Dengan data lengkap di dalamnya, maka petani pemegang Kartu Tani akan lebih mudah mendapatkan pupuk subsidi. Selain itu, kartu tersebut bisa berfungsi sebagai kartu penjualan hasil panen.

Namun manfaatnya tidak hanya sebatas itu, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno memastikan, bank-bank BUMN akan menggunakan Kartu Tani sebagai data penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR).

(Baca: Cegah Praktik Nakal Penyaluran Pupuk, Skema Kartu Tani Diuji Coba)

"Nantinya perbankan BUMN juga akan memverifikasi petani pemegang Kartu Tani agar bisa mendapat KUR," kata Rini.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, pemerintah akan menyiapkan payung hukum perluasan Kartu Tani. Rencananya payung hukum itu akan berupa Instruksi Presiden (Inpres).

Untuk memperlancar perluasan program Kartu Tani, pemerintah juga akan menyiapkan penyuluhan pertanian hingga memperkuat koordinasi antarbank pelaksana.

Kompas TV Hari ini (27/9) sejumlah massa petani dan elemen masyarakat, menggelar unjuk rasa memperingati Hari Tani.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com