Astra International Bantu Sepatu dan Tas Untuk Anak-anak Kapuas Hulu - Kompas.com

Astra International Bantu Sepatu dan Tas Untuk Anak-anak Kapuas Hulu

Nurandini Alya Sam
Kompas.com - 12/10/2017, 13:00 WIB
Bupati Kapuas Hulu A.M. Nasir (tengah) bersama Head of Public Relations PT Astra International Tbk Yulian Warman (kanan), Kasubdit Pendidikan Direktorat Pengembangan Sumber Daya Manusia Dirjen Pembangunan Daerah Tertinggal Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi RI (Kemendesa) Jamaludin Matdoan (kedua kanan), Pegiat Pendidikan Nasional Najeela Shihab (kedua kiri) dan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kapuas Hulu Petrus Kusnadi (kiri) pada acara Penyerahan Donasi  2.000 sepatu dan 500 tas di Kabupaten Hulu, Kalimantan Barat (11/10). Bupati Kapuas Hulu A.M. Nasir (tengah) bersama Head of Public Relations PT Astra International Tbk Yulian Warman (kanan), Kasubdit Pendidikan Direktorat Pengembangan Sumber Daya Manusia Dirjen Pembangunan Daerah Tertinggal Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi RI (Kemendesa) Jamaludin Matdoan (kedua kanan), Pegiat Pendidikan Nasional Najeela Shihab (kedua kiri) dan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kapuas Hulu Petrus Kusnadi (kiri) pada acara Penyerahan Donasi 2.000 sepatu dan 500 tas di Kabupaten Hulu, Kalimantan Barat (11/10).

KAPUAS HULU, KOMPAS.com - PT Astra Interational Tbk kembali melaksanakan program GenerAKSICERDASIndonesia di Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat pada Rabu (11/10/2017) kemarin.

Pada acara tersebut, Astra menyerahkan secara simbolis donasi berupa 2.000 sepatu dan 500 tas untuk anak-anak sekolah.

Turut hadir dalam acara tersebut Bupati Kapuas Hulu A.M. Nasir dan Kasubdit Pendidikan Direktorat Pengembangan Sumber Daya Manusia Dirjen Pembangunan Daerah Tertinggal Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi RI (Kemendesa) Jamaluddin Matdoan.

“Kapuas Hulu termasuk wilayah 3T, yaitu wilayah Indonesia Tertinggal, Terjauh dan Terluar. Namun Astra tetap mau datang ke sini untuk menyerahkan sepatu dan tas yang amat berharga ini,” ujar Bupati Nasir, melalui siaran pers ke Kompas.com

(Baca: Astra International Ungkap Rahasia Bertahan saat Krisis)

Melalui aksi sosial generAKSI CERDAS Indonesia yang diunggah ke media sosial pada tahun ini, Astra berhasil mengumpulkan sebanyak 10.000 komitmen dalam bidang pendidikan dari masyarakat.

Total komitmen tersebut dikonversikan menjadi 10.000 paket pendidikan yang terdiri dari 8.000 sepatu dan 2.000 tas dan rencananya dibagikan juga untuk anak-anak di Kabupaten Buton (Sulawesi Tenggara), Kabupaten Jeneponto (Sulawesi Selatan) dan Kabupaten Yahukimo (Papua).

Program berkelanjutan ini merupakan wujud nyata kelanjutan komitmen Astra sejak tahun 2015.

Bersama dengan masyarakat, Astra mengajak setiap orang untuk melakukan social movement melalui media sosial tentang pendidikan.

Secara kumulatif, total unggahan di media sosial tersebut dan telah dikonversi menjadi donasi berupa sepatu dan tas sejak tahun 2015 mencapai 15.093 sepatu dan tas.

Astra telah mendistribusikan sepatu dan tas tersebut ke beberapa lokasi di pulau-pulau terluar Indonesia. 

Seperti Kabupaten Nias (Sumatra Utara), Kabupaten Sumba Barat (Nusa Tenggara Timur), Kabupaten Pulau Buru (Maluku), Kabupaten Biak Numfore (Papua). 

Kabupaten Mentawai (Sumatera Barat), Kabupaten Tolitoli (Sulawesi Tengah), Kabupaten Kepulauan Aru (Maluku), dan Kabupaten Morotai (Maluku Utara).

Selain membagikan tas dan sepatu, pada acara tersebut juga digelar pemaparan edukati dengan tema "Generasi Cerdas Indonesia" yang akan dibawakan oleh pegiat pendidikan Nasional, Founder Sekolah Cikal dan Founder inibudi.com, Najeela Shihab.

Diharapkan dengan penyerahan sepatu dan tas ini dapat meningkatkan kualitas pendidikan di daerah terluar dan terdepan Indonesia.

Hal ini sesuai dengan filosopi Catur Dharma Astra yang pertama yakni Menjadi Milik yang Bermanfaat bagi Bangsa dan Negara, Astra senantiasa berprinsip untuk memberikan manfaat bagi sekitarnya di mana pun instalasi Astra berada.

Kompas TV Setelah dilanda kelesuan selama 2 tahun terakhir, produsen otomotif Astra Daihatsu Motor menargetkan kenaikan penjualan sampai 4% di tahun 2017. Naiknya daya beli masyarakat diharapkan kian membaik. Saat ini perusahaan akan fokus mengembangkan mobil jenis LCGC dan mobil kelas tengah yang sesuai dengan karakter pasar di Indonesia

PenulisNurandini Alya Sam
EditorAprillia Ika
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM