Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Budaya Indonesia Warnai Pertemuan IMF-Bank Dunia di AS

Kompas.com - 12/10/2017, 15:33 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ragam budaya Indonesia mewarnai International Monetary Fund–Word Bank Group Annual Meetings (IMF-WBG AM) 2017 di Washington DC, AS, Rabu (11/10/2017) waktu setempat.

Pada stan Indonesia di kantor IMF, delegasi disuguhi kelezatan kopi Lintong dan Torajam serta dimanjakan alunan merdu gamelan Bali.

Selain itu, pengunjung juga diperkenalkan kepada berbagai kerajinan tangan serta destinasi wisata unggulan di Indonesia. Seluruhnya merupakan bagian dari Voyage to Indonesia.

Voyage to Indonesia merupakan rangkaian kegiatan yang mempomosikan kekayaan budaya, keindahan alam, maupun ketahanan ekonomi Indonesia, menuju pelaksanaan IMF-WBG Annual Meetings 2018 di Nusa Dua, Bali.

Dengan perkiraan kehadiran 15.000 delegasi, IMFG-WBG Annual Meetings tersebut merupakan pertemuan keuangan terbesar di dunia.

"Terpilihnya Indonesia sebagai tuan rumah menjadi momentum untuk menunjukkan kepada dunia internasional mengenai kondisi perekonomian Indonesia (dan kawasan ASEAN) yang stabil dan menjadi salah satu kekuatan ekonomi global," kata Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo dalam pernyataan resmi, Kamis (12/10/2017).

Memimpin delegasi Indonesia pada Annual Meetings 2017 kali ini adalah Agus Martowardojo. 

Ketua dan wakil ketua Panitia Nasional IMF-WBG Annual Meetings 2018, yaitu Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Pandjaitan dan Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Masing-masing tokoh tersebut terlibat aktif dalam kegiatan, baik sebagai pembicara maupun dalam berbagai forum pertemuan strategis.

Dalam sambutannya pada pertemuan bersama investor-investor di AS, Agus menyampaikan mengenai komitmen BI untuk menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan. Untuk itu, BI antara lain telah melaksanakan reformulasi kerangka operasional kebijakan moneter.

"Melalui sinergi kebijakan antarlembaga fiskal dan moneter, Indonesia telah berhasil meraih peringkat investment grade dari tiga lembaga pemeringkat internasional. Indonesia semakin menjadi tujuan investasi yang menarik," ungkap Agus.

Kompas TV Arti Pertemuan Presiden Jokowi dan Presiden Bank Dunia


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com