Cerita Bos Sido Muncul soal Proses Lelang Aset Nyonya Meneer - Kompas.com

Cerita Bos Sido Muncul soal Proses Lelang Aset Nyonya Meneer

Achmad Fauzi
Kompas.com - 12/10/2017, 22:48 WIB
 Direktur Sido Muncul Tbk, Irwan Hidayat  di dermaga Sumurup, desa Asinan, kecamatan Bawen, Kabupaten Semarang, Kamis (20/7/2017) siang.Kompas.com/ Syahrul Munir Direktur Sido Muncul Tbk, Irwan Hidayat di dermaga Sumurup, desa Asinan, kecamatan Bawen, Kabupaten Semarang, Kamis (20/7/2017) siang.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk (SIDO) membeli aset PT Nyoya Meneer berupa tanah seluas 24.475 meter persergi dengan nilai Rp 21,9 miliar.

Pembelian aset tersebut dilakukan melalui lelang eksekusi hak tanggungan yang digelar oleh Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Semarang atas permohonan PT Bank Pembangunan Daerah Papua.

Direktur Utama Sido Muncul, Irwan Hidayat menuturkan, awalnya pihaknya melihat ada pelelangan aset milik nyonya meneer di sebuah situs pelelangan online.

(Baca: Sido Muncul Ungkap Alasan Beli Aset Nyonya Meneer)

Dalam situs tersebut, terdapat tiga aset yang dilelang, yakni sebuah tanah di Jalan Soekarno-Hatta Km. 28, Desa Bergas Kidul, Kecamatan Bergas, Kabupaten Semarang, sebuah pabrik di Jalan Kaligawe KM 4 Semarang, dan sebuah pabrik di Jalan Raden Patah, Kota Semarang.

Karena lokasi bersebelahan dengan pabrik Sido Muncul, perseroan pun menawar tanah yang dilelang.

"Begitu lihat tanah tersebut dilelang adik saya langsung menawar. Di situs itu tanah tersebut dilelang dengan Rp 21,901 milar, dan langsung kami bid dengan nominal yang sama," ujar Irwan kepada Kompas.com, Kamis (12/10/2017).

Menurut Irwan, selama pelelangan hanya perseroan yang menawar tanah tersebut. Sehingga, akhirnya perseroan mendapatkan aset tanah yang juga sebagai Taman Djamoe Indonesia tersebut.

"Kelihatannya pada saat itu, kami menjadi penawar tunggal dalam pelelangan tersebut," jelas dia.

Irwan menambahkan, pihaknya telah melapor kepada Charles Saerang yang merupakan generasi keturunan ketiga pemilik Nyonya Meneer bahwa perseroan telah menawar aset tersebut. "Kami beli karena nempel dengan pabrik Sido Muncul persis," imbuh dia.

PenulisAchmad Fauzi
EditorMuhammad Fajar Marta
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM