Tips Menghasilkan Uang dari Rumah - Kompas.com

Tips Menghasilkan Uang dari Rumah

Nurandini Alya Sam
Kompas.com - 13/10/2017, 12:22 WIB
IlustrasiThinkstockphotos Ilustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyaknya lowongan pekerjaan yang mengharuskan seseorang datang ke kantor, membuat beberapa orang akhirnya berpikir ketika ingin melamar kerja. Terutama bagi ibu rumah tangga.

Keharusan untuk merawat anak dan tidak ingin dititipkan di tempat penitipan anak membuat Anda sulit untuk meninggalkan rumah dalam waktu lama.

Tapi, Anda tidak perlu khawatir. Beberapa tips dibawah ini dapat membantu Anda menghasilkan uang meskipun Anda tetap berada dirumah

1. Penulis Freelance

Jika Anda bisa menulis atau merangkai kata-kata dengan baik. Menjadi penulis Freelance mungkin adalah hal yang dapat Anda lakukan. Anda hanya perlu modal internet untuk melakukan pekerjaan ini.

(Baca: Bekerja di Rumah Vs Bekerja di Kantor)

 

Selain itu, jika Anda memang suka menulis novel atau buku, Anda bisa memperdalamnya dengan misalnya mengirimkan hasil tulisan Anda ke penerbit buku atau novel.

2. Membuka kursus

Cara lain yang bisa Anda lakukan adalah membuka kursus dirumah Anda. Pikirkan terlebih dahulu kemampuan yang Anda miliki. Misalnya, jika Anda bisa memasak. Buatlah kursus memasak.

Tetapi, Anda harus membuat kursus itu menarik dan berbeda dengan tempat lain. Selain itu, pikirkan pada pukul berapa Anda bisa memberikan kelas memasak.

Yang paling penting ketika Anda ingin membuka kursus adalah berapa banyak uang yang harus dikeluarkan ketika orang ingin mengikuti kursus Anda.

Mulailah mempromosikan kursus Anda dengan membagikan infromasinya ke sosial media pribadi Anda atau ke orang-orang disekitar Anda.

3. Pengrajin tangan dan seniman

Jika Anda memiliki bakat untuk membuat hal-hal yang indah atau bisa membuat kerajinan tangan. Hal tersebut bisa Anda coba.

Cobalah menjual barang yang Anda buat, misalnya gelang atau kalung buatan Anda sendiri di sosial media atau bisa dengan menjualnya melalui aplikasi online.

4. Penjahit

Jika Anda memiliki keahlian atau keterampilan menjahit, Anda bisa melakukan hal tersebut dirumah. Pikirkan sejenak tentang apa yang bisa Anda lakukan menyangkut hal ini.

Misalnya membuat design baju sehari-hari, baju khusus, atau bahkan baju pengantin. Selain itu jika Anda bisa membuat gorden dan pelapis bantal, Anda bisa menawarkan itu kepada pelanggan Anda.

5. Konsultan

Menjadi konsultan adalah pekerjaan yang menawarkan layanan atau saran untuk orang lain. Biasanya beberapa orang menggunakan konsultan untuk saran pajak atau keuangan.

Hal yang diperhatikan oleh orang-orang yang ingin berkonsultasi dengan Anda adalah seberapa besar pengalaman Anda.

Selain itu jika Anda ingin membuka konsultan di rumah Anda, pastikan bahwa Anda memiliki ruangan yang rapi dan profesional untuk menyambut tamu.

Hal yang paling penting yang harus Anda siapkan ketika Anda ingin bekerja dari rumah adalah pastikan bahwa Anda memiliki waktu yang luang dan berhati-hatilah dengan segala kemungkinan yang akan terjadi.

Terutama apabila Anda di rumah sendirian. Pastikan bahwa siapapun yang datang ke rumah Anda bukan orang yang berniat menipu Anda.

Kompas TV Pemasaran hunian vertikal saat ini sedang agresif

PenulisNurandini Alya Sam
EditorAprillia Ika

Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM