Jokowi: Kalau Menterinya Enggak Capai Target, Awas! - Kompas.com

Jokowi: Kalau Menterinya Enggak Capai Target, Awas!

Yoga Sukmana
Kompas.com - 13/10/2017, 12:36 WIB
Warga menyambut Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) saat tiba di acara penyerahan sertifikat tanah di Serpong, Tangerang Selatan, Banten,  Rabu  (11/10/1017). Jokowi menyerahkan 10.100 sertifikat tanah kepada warga Tangerang Raya.KOMPAS.com / ANDREAS LUKAS ALTOBELI Warga menyambut Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) saat tiba di acara penyerahan sertifikat tanah di Serpong, Tangerang Selatan, Banten, Rabu (11/10/1017). Jokowi menyerahkan 10.100 sertifikat tanah kepada warga Tangerang Raya.

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo kembali memberikan peringatan kepada para menterinya. Kali ini peringatan itu ditujukan kepada Menteri Agraria Sofyan Djalil.

Peringatan itu ia sampaikan saat menghadiri acara peremajaan perkebunan kelapa sawit dan pembagian sertifikat tanah kepada sekitar 1.300 petani di Kabupaten Musi Banyuasin, Jumat (13/10/2017).

"Di Indonesia ini masih banyak (rakyat) yang belum diselesaikan mengenai sertifikat. Harusnya 126 juta sertifikat yang dimiliki rakyat. Tahun baru baru 46 juta sertifikat," ujarnya.

"Tahun ini harus keluar 5 juta sertifikat. Biasanya 400.000 sertifikat, saya perintahkan 5 juta. Tahun depan 7 juta, tahun selanjutnya lagi 9 juta. Kalau menterinya enggak capai target, awas!," sambung Presiden.

(Baca: Kementerian ATR Akan Terbitkan 5 Juta Sertifikat Tahun Ini)

Menurut Presiden, sertifikat tanah merupakan hak dasar yang harus dimiliki oleh rakyat. Sebab dengan begitu rakyat memiliki kepastian hukum atas tanah yang digarap atau ditempati.

Oleh karena itu ia meminta Menteri Agraria untuk segara merealisasikan target pemberian sertifikat lahan kepada masyarakat seperti yang sudah dicanangkan.

Di Musi Banyuasin, Presiden membagikan 1.300 sertifikat tanah kepada warga  Kepada penerima, Presiden berpesan agar mereka menjaga betul sertifikat yang baru diterima.

Selain itu, ia juga meresmikan kick off program peremajaan perkebunan kelapa sawit secara nasional yang dimulai di Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan.

(Baca: Program Peremajaan Perkebunan Sawit Rakyat "Kick Off")

Kompas TV Presiden Joko Widodo menggelar pertemuan bilateral dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump di sela Konferensi Tingkat Tinggi G-20.

PenulisYoga Sukmana
EditorAprillia Ika

Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM