INACA: Tiket Pesawat Kelas Ekonomi Akan Naik 10 Persen - Kompas.com

INACA: Tiket Pesawat Kelas Ekonomi Akan Naik 10 Persen

Achmad Fauzi
Kompas.com - 13/10/2017, 14:45 WIB
Sejumlah penumpang pesawat keluar dari pintu kedatangan Terminal 1B Bandara Soekarno-Hatta, Senin (11/7/2016) malam. Penumpang yang baru tiba memenuhi bandara setelah melakukan perjalanan libur panjang saat Lebaran 2016.KOMPAS.com/ANDRI DONNAL PUTERA Sejumlah penumpang pesawat keluar dari pintu kedatangan Terminal 1B Bandara Soekarno-Hatta, Senin (11/7/2016) malam. Penumpang yang baru tiba memenuhi bandara setelah melakukan perjalanan libur panjang saat Lebaran 2016.

JAKARTA, KOMPAS.com - Asosiasi Penerbangan Sipil atau Indonesia National Air Carriers Association (INACA) menyatakan akan ada kenaikan tarif batas bawah tiket pesawat ekonomi sebesar 10 persen. 

Dengan demikian, tarif batas bawah pada tiket pesawat kelas ekonomi akan mencapai 40 persen dari tarif batas atas. Sementara sebelumnya 30 persen dari tarif batas atas.

Ketua Bidang Penerbangan Berjadwal INACA, Bayu Sutanto mengatakan, asosiasi sudah mengusulkan kenaikan tarif ini sejak dua bulan lalu. 

"Kami mengusulkan 43 persen (naik), tetapi yang disetujui 40 persen," ujar Bayu saat dihubungi Kompas.com, Jumat (13/11/2017).

Bayu menuturkan, kenaikan tarif batas bawah tersebut dikarenakan biaya operasional maskapai yang semakin tinggi. Bahkan, kenaikan biaya operasional maskapai saat ini bisa mencapai 34 persen.

(Baca: Tarif Batas Bawah Tiket Pesawat Kelas Ekonomi Bakal Naik)

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengungkapkan akan ada perubahan tarif batas atas dan bawah pada tiket pesawat kelas ekonomi.

Penetapan tarif batas atas dan bawah tiket pesawat masih diatur dalam Peraturan Menteri Nomor 14 Tahun 2016 tentang Mekanisme Formulasi Perhitungan Dan Penetapan Tarif Batas Atas Dan Batas Bawah Penumpang Pelayanan Kelas Ekonomi Angkutan Udara Niaga berjadwal Dalam Negeri.

Dalam aturan tersebut, penetapan tarif batas atas pada tiket pesawat kelas ekonomi dihitung berdasarkan komponen tarif jarak.

Sementara itu untuk penetapan tarif batas bawah serendah-rendahnya 30 persen dari batas atas sesuai dengan kelompok pelayanan yang diberikan.

Kompas TV Penerbangan Perdana Pesawat Karya Anak Bangsa N219

PenulisAchmad Fauzi
EditorAprillia Ika
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM