Lewat Fasilitas KITE, Pemerintah Harapkan Ekspor Produk UKM Meningkat - Kompas.com

Lewat Fasilitas KITE, Pemerintah Harapkan Ekspor Produk UKM Meningkat

Pramdia Arhando Julianto
Kompas.com - 13/10/2017, 19:15 WIB
Menteri Koperasi dan UKM AAGN Puspayoga (tengah) saat pembukaan  acara Celuk Jewellery Festival di Gianyar, Bali, Jumat (13/10/2017).KOMPAS.com/PRAMDIA ARHANDO JULIANTO Menteri Koperasi dan UKM AAGN Puspayoga (tengah) saat pembukaan acara Celuk Jewellery Festival di Gianyar, Bali, Jumat (13/10/2017).

GIANYAR, KOMPAS.com - Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) bersama dengan Direktorat Jenderal Bea Cukai Kementerian Keuangan mengharapkan adanya peningakatan ekspor produk UKM maupun Industri Kecil Menengah (IKM) melalui fasilitas Kemudahan Impor Tujuan Ekspor (KITE).

Menteri Koperasi dan UKM AAGN Puspayoga mengatakan, adanya fasilitas KITE diharapkan dapat memacu ekspor produk UKM Indonesia dan juga memberikan dampak peningkatan ekonomi kerakyatan.

"Kalau biaya impor dan biaya ekspor turun, berati ongkos produksi akan turun dan kualitas produk meningkat, jumlah produk meningkat dan meningkatkan daya saing UKM dan Industri Kecil Menegah (IKM) karena ongkos produksinya turun," ujar Menkop UKM di acara Celuk Jewellery Festival, Gianyar, Bali, Jumat (13/10/2017).

Menurut Menkop, ditengah persaingan global dan pelemahan ekonomi global bukan menjadi alasan bagi UKM Indonesia tidak mampu bersaing di panggung internasional.

"Kalau (ekonomi global) lesu kita tidur, ya langsung kolaps (tutup), dan kalau berbuat pasti akan membuahkan hasil," tegasnya.

Dengan itu, Menkop mengajak para pelaku usaha dan industri kecil untuk memanfaatkan fasilitas KITE yang disediakan oleh pemerintah.

Sementara itu, Direktur Jenderal Bea Cukai Heri Pambudi menegaskan, fasilitas KITE perlu terus dimanfaatkan bagi para pelaku UKM maupun IKM dalam negeri.

Sebab, pemerintah tengah berupaya meningkatkan daya saing dan memperluas akses pasar bagi produk UKM dan IKM dalam negeri melalui fasilitas KITE.

"Kami siap untuk membantu para pengrajin sampai bisa menguasai (pasar) ASEAN dan mampu kalahkan Thailand," kata Heru.

KITE merupakan sebuah bentuk insentif fiskal yang diberikan pemerintah melalui Direktorat Bea dan Cukai berupa pembebasan atau pengembalian Bea Masuk (BM).

Selain itu, Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dan Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPnBM) yang tidak dipungut atas impor barang dan atau bahan untuk diolah, dirakit, atau dipasang pada barang lain yang hasilnya terutama untuk tujuan ekspor.

PenulisPramdia Arhando Julianto
EditorBambang Priyo Jatmiko
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM