Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Lepas 1.660 Hektar Kawasan Hutan untuk Lahan Sawit Rakyat

Kompas.com - 13/10/2017, 19:35 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

MUSI BANYUASIN, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo memastikan, pemerintah akan melepas ribuan hektar kawasan hutan untuk perkebunan kelapa sawit rakyat di Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan.

"Sudah saya perintahkan untuk di keluarkan dari kawasan hutan," ujarnya dalam acara kick off peremajaan kelapa sawit di Kabupaten Musi Banyuasin, Jumat (13/10/2017).

Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, dari 4.460 hektar lahan perkebunan kelapa sawit rakyat yang akan diremajakan atau replanting di Musi Banyuasin, sekitar 1.660 hektar adalah lahan yang termasuk kawasan hutan.

Menurut Darmin, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya sudah berkomitmen melepas 1.660 hektar kawasan hutan di Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan.

"Sudah kirim surat ke kantor kami akan melepaskannya dari kawasan hutan," kata Darmin.

Meski begitu, pemerintah belum bisa memastikan kapan waktu pelepasan lahan kawasan hutan tersebut sebab masih membutuhkan waktu sebelum diterbitkannya sertifikat tanah oleh Kementerian Agraria dan Tata Ruang atau Badan Pertanahan Nasional (BPN).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com