85 Persen Pengguna Tol Kebon Jeruk-Ulujami Sudah Pakai Uang Elektronik - Kompas.com

85 Persen Pengguna Tol Kebon Jeruk-Ulujami Sudah Pakai Uang Elektronik

Sakina Rakhma Diah Setiawan
Kompas.com - 13/10/2017, 21:00 WIB
Sejumlah kendaraan yang memutar balik tidak jadi masuk Gerbang Tol Semanggi I akibat pemiliknya tidak memiliki e-money, Rabu (17/12/2014). Terhitung sejak 16 Desember 2014, Gerbang Tol Semanggi I tidak lagi menerima transaksi tunai dan hanya melayani transaksi elektronik melalui penggunaan e-money.KOMPAS.com/Alsadad Rudi Sejumlah kendaraan yang memutar balik tidak jadi masuk Gerbang Tol Semanggi I akibat pemiliknya tidak memiliki e-money, Rabu (17/12/2014). Terhitung sejak 16 Desember 2014, Gerbang Tol Semanggi I tidak lagi menerima transaksi tunai dan hanya melayani transaksi elektronik melalui penggunaan e-money.

JAKARTA, KOMPAS.com - Mulai 31 Oktober 2017 mendatang, semua transaksi pembayaran tol dilakukan secara elektronik dengan menggunakan kartu uang elektronik. Dengan demikian, pembayaran dengan menggunakan uang tunai tidak akan dilayani.

Direktur Utama PT Marga Lingkar Jakarta (MLJ) Edwin Cahyadi menyatakan, semua gardu di ruas tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) W2 Jakarta yang dikelola MLJ sudah menerima pembayaran secara nontunai. Namun, ada sedikit kendala, khususnya pada shift 3 atau malam.

"Di semua gardu tol kita sudah bisa menerima pembayaran elektronik. Saat ini di shift 1 dan 2 sudah bisa, hanya di shift 3 kadang-kadang yang jualan kartunya tidak ada," jelas Edwin di sela-sela konferensi pers Penerbitan Obligasi MLJ di Jakarta, Jumat (13/10/2017).

Edwin menuturkan, meskipun kendala tersebut masih ada, namun pada 31 Oktober 2017 nanti ia menjamin seluruh gardu pada ruas tol JORR W2 Utara yang dikelola MLJ akan sepenuhnya menerima transaksi nontunai.

Adapun saat ini, sebagian besar transaksi di ruas tol JORR W2 Utara sudah menggunakan uang elektronik.

(Baca: Begini Caranya Beli Uang Elektronik Lewat Go-Jek)

Menurut Edwin, penetrasi pembayaran nontunai di ruas tol tersebut saat ini sudah mencapai 85 persen. Dengan demikian, hanya tinggal 15 persen transaksi yang belum menggunakan uang elektronik.

"Kami kasih waktu sampai 31 Oktober 2017 semua harus gunakan (uang elektronik)," jelas Edwin.

Sekedar informasi, MLJ adalah pemegang hak konsesi jalan tol JORR W2 Utara yang memiliki panjang ruas jalan tol 7,67 kilometer. Ruas tol ini membentang dari Kebon Jeruk, Jakarta Barat hingga ke Ulujami, Jakarta Selatan.

Jalan tol JORR W2 Utara adalah bagian dari JORR yang terkoneksi dengan Tol Dalam Kota, tol Jakarta-Tangerang, tol Sedyatmo, tol Jagorawi, dan tol Jakarta-Cikampek.

Kompas TV Untuk memperlancar transaksi non-tunai di jalan tol, Bank Indonesia dan perbankan akan menggratiskan kartu uang elektronik.

PenulisSakina Rakhma Diah Setiawan
EditorAprillia Ika
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM