Operator Tol Kebon Jeruk-Ulujami Bakal Tambah "Rest Area" - Kompas.com

Operator Tol Kebon Jeruk-Ulujami Bakal Tambah "Rest Area"

Sakina Rakhma Diah Setiawan
Kompas.com - 13/10/2017, 21:30 WIB
Kendaraan pemudik diparkir di depan rest area Km 101 Tol Cipali arah Jakarta, Jumat (30/6/2017)Kompas.com/YOGA SUKMANA Kendaraan pemudik diparkir di depan rest area Km 101 Tol Cipali arah Jakarta, Jumat (30/6/2017)

JAKARTA, KOMPAS.com - Operator ruas tol JORR W2 Utara (Kebon Jeruk-Ulujami), PT Marga Lingkar Jakarta (MLJ) menyatakan berencana membangun area rehat alias rest area. Pembangunan rest area tersebut dilakukan di atas jalan tol.

Direktur Utama MLJ Edwin Cahyadi menyatakan, rest area tersebut nantinya berlokasi di ruas tol JORR W2 Utara. Ruas tol ini membentang dari Kebon Jeruk, Jakarta Barat hingga Ulujami, Jakarta Selatan dengan panjang mencapai 7,67 kilometer.

"Pembangunan rest area di Ulujami. Lokasinya masih kami ukur," kata Edwin di sela-sela konferensi pers Penerbitan Obligasi MLJ di Jakarta, Jumat (13/10/2017).

(Baca: 85 Persen Pengguna Tol Kebon Jeruk-Ulujami Sudah Pakai Uang Elektronik)

Menurut Edwin, karena masalah lahan yang terbatas, pembangunan rest area tersebut hanya dirancang untuk kendaraan golongan I. Ia menyatakan, rest area akan berlokasi baik di sisi kiri maupun kanan ruas tol.

Rest area yang berada di atas jalan tol ini hanya untuk tenant dan tempat peristirahatan para pengendara di jalan tol.

Adapun lokasi bawah diperuntukkan sebagai Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) dan tempat parkir kendaraan.

"Kalau ini jadi, ini yang pertama kali. SPBU untuk golongan I di bawah, nanti di atas dibangun (lokasi untuk) tenant-tenant," terang Edwin.

Nilai investasi untuk rest area yang luasnya sekitar 3 hektar tersebut mencapai lebih dari Rp 5 miliar. Saat ini, imbuh Edwin, tengah dilakukan proses penjajakan, namun rancangan bangunannya sudah ada.

Edwin menuturkan, pembangunan rest area tersebut diharapkan memberikan kenyamanan bagi pengguna tol. Pasalnya, tidak ada rest area di sepanjang ruas tol Kebon Jeruk hingga Cawang.

Kompas TV Sejumlah tempat bisa disinggahi pemudik selama perjalanan, salah satunya wisata pesona kuliner Indonesia yang berada di Jalur Pantura.

PenulisSakina Rakhma Diah Setiawan
EditorAprillia Ika

Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM