Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemenkop Dorong Usaha Mikro Miliki Laporan Keuangan Akuntabel

Kompas.com - 15/10/2017, 06:23 WIB
Pramdia Arhando Julianto

Penulis

GIANYAR, KOMPAS.com - Guna meningkatkan daya saing dan kapasitas Usaha Kecil Menengah (UKM) dalam negeri, Kementerian Koperasi dan UKM tengah mendorong pelaku usaha memiliki laporan keuangan yang akuntabel dalam mengelola usahanya.

Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia Kemenkop dan UKM, Prakoso BS mengatakan, pihaknya tengah mendorong agar UKM dapat menggunakan aplikasi laporan keuangan yakni Lamikro.

Adapun, Lamikro merupakan aplikasi pembukuan akuntansi sederhana untuk usaha mikro yang bisa digunakan melalui smartphone dengan sistem operasi android.

Prakoso menargetkan, pada tahap awal, aplikasi Lamikro dapat digunakan oleh 1 juta UKM di seluruh Indonesia.

Baca juga: Kemenkop UKM Luncurkan Aplikasi Lamikro untuk Usaha Mikro

"Lamkiro ini agar digunakan seluruh pelaku usaha UKM di Indonesia tetapi targetnya ya minimal satu juta pengguna (tahap awal)," ungkap Prokoso kepada Kompas.com saat acara Celuk Jewellery Festival, Gianyar, Bali, Sabtu (14/10/2017).

Menurutnya, penggunaan aplikasi laporan keuangan ini sangat diperlukan bagi UKM agar memiliki laporan keuangan yang akuntabel dan dapat menunjang pengembangan usaha kedepan.

Dia berharap, jangan sampai jika pelaku usaha memiliki perkembangan usaha yang baik dan berkembang cepat tetapi karena tidak memiliki kemampuan membuat laporan keuangan yang baik, usahanya mengalami kebangkrutan.

Baca juga: Kemenkop Minta UMKM Lebih Agresif Berpromosi di Sosial Media

"Saya alami sendiri usaha-usaha yang mulai tumbuh ketika besar dia hancur karena dia tidak sadar hari ini keuntungan yang dia terima itu harus ada beban untuk mengembangkan bisnis ke depannya," papar Prakoso.

Prakoso mengungkapkan, aplikasi Lamikro sudah dibuat dengan berbagai kemudahan dan fleksibilitas untuk digunakan pelaku usaha.

Kompas TV Pendapatan sopir taksi konvesional anjlok sampai 50 persen

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com