Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Tips Berbelanja yang Bijak Bagi Karyawan

Kompas.com - 17/10/2017, 09:20 WIB
Nurandini Alya Sam

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat gajian, seseorang lebih cenderung untuk menghabiskan uang mereka dibanding biasanya. Hal itu terjadi akibat banyaknya tagihan yang perlu dibayarkan atau belanja bulanan. Belum lagi ketika ada godaan untuk belanja barang-barang yang sebenarnya tidak Anda butuhkan namun membuat Anda tertarik.

Berikut ini beberapa tips berbelanja yang bijak yang bisa Anda lakukan dilansir dari jobplanet.com :

1. Belilah pengalaman dan pengetahuan, bukan hanya sekedar barang

Biasanya, ketika gajian Anda lebih banyak menghabiskan uang Anda untuk membeli barang atau hal yang mungkin sebenarnya Anda tidak butuhkan. Mulai sekarang, cobalah pergunakan uang Anda untuk membeli pengalaman dan pengetahuan.

Contohnya dengan mengikuti seminar atau pelatihan. Carilah seminar atau pelatihan yang sesuai dengan keterampilan Anda. Selain mengikuti seminar atau pelatihan, cobalah untuk melakukan travelling. Uang Anda akan lebih bermanfaat jika dihabiskan dengan berjalan-jalan atau mengiktu pelatihan.

2. Jangan gengsi menggunakan barang murah

Menggunakan barang murah bukanlah hal yang salah. Banyak diantara kita yang merasa gengsi untuk menggunakan barang murah dan tidak bermerek. Jika Anda merupakan satu diantara banyaknya orang yang gengsi untuk menggunakan barang tidak bermerek, ubahlah pola pikir itu mulai sekarang.

Tidak semua barang murah memiliki kualitas yang buruk. Jika Anda bisa cermat dan pintar memilih, Anda bisa menemukan produk-produk yang harganya terjangkau tetapi kualitasnya tetap oke.

3. Berbelanja saat diskon

Hal ini yang harus Anda perhatikan. Untuk menghindari mengeluarkan uang yang banyak dalam berbelanja, selalu cari tau kapan diskon di pusat perbelanjaan terjadi.

Biasanya, setiap pusat perbelanjaan akan melakukan diskon di beberapa momen. Salah satunya saat akhir tahun. Berbelanja saat diskon akan menghemat uang Anda dibanding berbelanja di hari biasa.

4. Hindari membawa kartu kredit dan kartu debit

Ketika Anda ingin berjalan-berjalan ke pusat perbelanjaan, bawalah uang secukupnya. Hindari membawa kartu kredit atau debit sata berjalan-jalan karena ketika membawa kartu kredit atau debit, Anda akan lebih banyak berbelanja dibanding ketika Anda hanya membawa uang secukupnya.

Berbelanja ketika gajian setiap bulannya bukanlah hal yang salah. Tetapi, yang terpenting adalah janganlah belanja atau membeli sesuatu yang sebenarnya tidak Anda butuhkan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com