Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Promosi Kuliner dan Pangan Nusantara Sukses Tembus Pasar Internasional

Kompas.com - 19/10/2017, 11:30 WIB
Nurandini Alya Sam

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Promosi Kuliner dan Pangan Nusantara (PKPN) sukses membukukan pembelian sebesar Rp 15,2 miliar dan menembus pasar internasional.

PKPN yang diadakan selama lima hari mulai tanggal 11-15 Oktober 2017 tersebut diselenggarakan oleh Ditjen Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan.

Dari perolehan sebesar Rp 15,2 miliar, transaksi yang terjadi di stan kuliner mencapai Rp 1,6 miliar dan trial order sebesar Rp 13,6 miliar.

Menurut Luther selaku Direktur Penggunaan dan Pemasaran Produk Dalam Negeri Kementerian Perdagangan (Kemendag), sinergi promosi kuliner dan pangan Nusantara di ajang TEI memberi dampak penting sehingga produk kuliner banyak dibeli para buyer dari berbagai negara.

(Baca: Misi Membawa Pangan dan Kuliner Indonesia Mendunia)

Luther menambahkan produk lain yang dibeli pengusaha luar negeri antara lain kopi lampung oleh buyer dari Belanda dan Mesir Rp 1,2 miliar, aneka cemilan (keripik tempe, kerupuk ikan, cireng, jajanan), dan sambal oleh buyer dari Nigeria, China, Thailand, dan Korea Selatan.

"Para buyer sangat tertarik dengan produk kuliner Indonesia. Salah satu pengusaha dari Taiwan bahkan membeli produk teh sebanyak 20 ton atau senilai Rp 9 miliar," Jelas Luther melalui rilis yang diterima Kompas.com.

Selain itu, cokelat dari Sumatra Barat dibeli buyer dari India, gula kelapa kristal oleh buyer dari Australia, dan kopi oleh buyer dari Brasil, Timur Tengah, dan Filipina.

Produk rendang, dendeng, dan bumbu dibeli oleh buyer dari Saudi Arabia dan Australia. Kemudian bir pletok oleh buyer dari Malaysia, Jepang, Afrika, Prancis, dan Yordania.

Pameran ini merupakan media antara untuk pemasaran produk kuliner dan pangan nusantara menuju pasar ekspor.

Luther menjelaskan bahwa Produk pangan Indonesia memiliki kualitas global. Tidak kalah dengan negara-negara lain di dunia. Baik dari segi mutu, kesehatan maupun kemasan.

Oleh karena itu produk-produk UKM pangan nusantara dan kuliner berorientasi ekspor akan semakin intensif dibina oleh Kementerian Perdagangan untuk memperkuat peningkatan ekspor nasional.

Kompas TV Kecurangan Distribusi Beras, Negara Rugi Triliun Rupiah

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com