Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Petani Tembakau Didorong untuk Mulai Ganti Tanaman

Kompas.com - 19/10/2017, 20:08 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah akan menaikkan cukai rokok rata-rata sebesar 10,04 persen pada 2018. Hal itu dilakukan untuk mengendalikan atau mengurangi konsumsi rokok yang berefek buruk bagi kesehatan.

Namun, pengendalian konsumsi rokok tidak akan berhenti disitu. Presiden sudah memberikan instruksi kepada para menteri agar produksi tembakau oleh petani mulai dikurangi.

"Presiden minta agar mulai dipikirkan bahwa petani (tembakau) bisa secara bertahap mengganti tanamannya," ujar Menko Perekonomian Darmin Nasution di Jakarta, Kamis (19/10/2017).

Dengan adanya instruksi itu, para menteri akan mulai mencari alternatif tanaman pengganti tembakau untuk para petani. Dengan begitu, para petani tembakau tidak kehilangan mata pencaharian.

Sementara itu Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, pemerintah akan tarus memperhatikan aspek kesehatan masyarakat. Atas dasar itu pula tutur dia, Presiden memberikan perintah agar para menteri mulai memikirkan alternatif tembakau.

"Sehingga pada saat kita memenuhi masalah kesehatan, maka petani tembakau yang terkena dampaknya sudah mendapatakan dukungan dan bantuan dari pemerintah untuk bisa mendapatkan alternatif kegiatan," kara Sri Mulyani.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com