Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saham-saham Maskapai Eropa Melesat Hingga 100 Persen, Ada Apa?

Kompas.com - 20/10/2017, 15:51 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber CNN Money

LONDON, KOMPAS.com - Saham sejumlah maskapai penerbangan Eropa menguat sangat tajam sepanjang tahun ini. Bahkan, penguatan pada saham beberapa maskapai hingga menembus 100 persen.

Mengutip CNN Money, Kamis (19/10/2017), saham maskapai Air France-KLM telah menguat 146 persen sejak Januari 2017. Saham maskapai penerbangan Jerman, Lufthansa  menguat hingga 105 persen pada periode yang sama.

Adapun saham pemilik British Airways, International Airlines Group, telah menguat 47 persen.

Cemerlangnya saham maskapai-maskapai tersebut ternyata terjadi lantaran kinerja maskapai-maskapai yang lebih kecil merosot tajam.

Maskapai penerbangan murah Air Berlin boleh dikatakan hancur. Maskapai penerbangan nasional Italia, Alitalia, juga ambrol lantaran gagal memperoleh dana talangan lanjutan, dan maskapai Monarch menghentikan operasionalnya pada Oktober 2017 ini.

Maskapai penerbangan murah Inggris Flybe adalah yang terakhir merasakan pedihnya luka. Sahamnya merosot 20 persen pada pertengahan pekan ini setelah menyatakan tingginya biaya akan menggerus laba pada semester pertama tahun ini.

Yang terjadi di industri penerbangan Eropa adalah maskapai-maskapai penerbangan murah seperti Ryanair dan Easyjet melakukan perang harga. Keduanya memberikan harga murah di rute-rute pendek.

Sementara itu, maskapai-maskapai besar seperti Air France KLM, Lufthansa, dan British Airways menjadi jawara pada sektor yang menjadi keunggulan mereka, yakni rute-rute panjang.

Air France KLM menyatakan jumlah penumpang pada rute-rute panjang naik 4 persen hingga kuartal III 2017. Maskapai tersebut meraup pendapatan hingga dua kali lipat pada penerbangan jarak jauh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com