Alarm Utang Venezuela Berdetak Kencang - Kompas.com

Alarm Utang Venezuela Berdetak Kencang

Sakina Rakhma Diah Setiawan
Kompas.com - 22/10/2017, 13:49 WIB
Pasukan keamanan menembakkan gas air mata ke arah demonstran anti-pemerintah di Caracas, Venezuela, Rabu (19/4/2017). Awalnya unjuk rasa damai, lalu rusuh sehingga tiga orang tewas hari itu.
Associated Press Pasukan keamanan menembakkan gas air mata ke arah demonstran anti-pemerintah di Caracas, Venezuela, Rabu (19/4/2017). Awalnya unjuk rasa damai, lalu rusuh sehingga tiga orang tewas hari itu.

NEW YORK, KOMPAS.com - Alarm pembayaran utang Venezuela berdetak kian kencang. Namun demikian, rangkaian pembayaran untuk utang-utang yang jumlahnya kecil sudah terlambat.

Mengutip CNBC, Minggu (22/10/2017), BUMN minyak Venezuela Petroleos de Venezuela SA (PDVSA) memiliki dua tagihan pembayaran obligasi dengan nilai sekitar 2 miliar dollar AS yang jatuh tempo pada dua pekan ke depan. Namun demikian, PDVSA kini juga tengah berupaya bebas dari default.

"Anda sampai pada tahap tidak cukup uang untuk mengecek uang untuk membayar tagihan," kata Ray Zucaro, direktur investasi RVX Asset Management.

Pekan lalu, Venezuela tidak bisa membayar 5 pembayaran kupon dengan nilai 350 juta dollar AS terkait utang PDVSA dan perusahaan listrik Electricidad de Caracas. Pembayaran kupon selanjutnya adalah pada Jumat pekan depan.

PDVSA harus membayar 841 juta dollar AS terkait prinsipal ditambah bunga obligasi. Ini adalah saat kritis bagi Venezuela karena sudah terancam default.

Pada 2 November 2017, pembayaran obligasi PDVSA mencapai 1,2 miliar dollar AS. Total outstanding obligasi untuk tahun 2017 sekitar 3,4 miliar dollar AS.

Sejalan dengan kondisi krisis ekonomi dan politik Venezuela yang kian parah, cadangan devisa Venezuela hanya mencapai 9,9 miliar dollar AS. Namun, para analis menyatakan, lebih dari separuh cadangan devisa hanya berupa emas dan aset tak likuid.

Kompas TV Di Venezuela negara dimana warganya harus memotong dan menjual rambutnya demi membeli makanan.


PenulisSakina Rakhma Diah Setiawan
EditorAprillia Ika

Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM