Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Imbas Catalonia, Milan dan Venezia Juga Ingin Merdeka dari Italia

Kompas.com - 22/10/2017, 16:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

NEW YORK, KOMPAS.com - Dua kawasan paling kaya di Italia mendorong untuk melakukan referendum untuk berpisah dari Italia. Ini adalah kondisi teranyar beberapa kawasan di Eropa yang meminta kemerdekaan.

Mengutip CNBC, Minggu (22/10/2017), Lombardy dan Veneto, dua kawasan di utara Italia, juga mendorong untuk memiliki kemerdekaan atas keuangan dan administrasi mereka. Adapun Milan dan Venezia juga meminta kemerdekaan total dari Italia.

Namun, pemerintah Italia telah sepakat bahwa yang diberikan kepada sejumlah daerah itu adalah otonomi fiskal dan bukan pemisahan dengan Italia. Beberapa kawasan lain di Eropa juga meminta kemerdekaan dari negaranya.

Sebelumnya, Inggris mengajukan voting untuk keluar dari Uni Eropa, diikuti oleh Skotlandia. Pun Catalonia juga mengajukan untuk keluar dari Spanyol sejak September 2017 lalu,

Sejumlah pihak memandang alasan paling fundamental untuk meminta otonomi yang lebih besar adalah karena alasan keuangan. Presiden Veneto Luca Zaia dan Presiden Lombardy Roberto Maroni menyatakan mereka merasa harus memisahkan diri dengan Italia.

Keduanya diakabarkan masing-masing mengirim sekitar 50 miliar euro atau 59 miliar dollar AS dari pajak mereka. Namun, sebagai imbasnya, mereka malah memperoleh anggaran dengan jumlah yang lebih kecil.

Kompas TV Meski pemerintah Spanyol meyatakan hasil referendum ilegal, tetapi pemerintahan Catalonia bersikukuh tetap akan mendeklarasikan kemerdekaan.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com