Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kerugian Garuda Indonesia Naik 5 Kali Lipat di Kuartal III

Kompas.com - 25/10/2017, 14:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kinerja PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) belum beranjak cemerlang di kuartal III 2017.

BUMN penerbangan ini justru mencatatkan kenaikan kerugian ke level 222,04 juta dollar AS. Sementara pada periode yang sama di tahun sebelumnya Garuda Indonesia mencatat rugi sebesar 44,01 juta dollar AS.

Mengutip laporan keuangan yang dirilis oleh Garuda Indonesia pada keterbukaan di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Rabu (25/10/2017), pendapatan perseroan mencapai 3,11 miliar dollar AS.

Pendapatan ini naik 8,6 persen dibandingkan dengan periode yang sama di tahun sebelumnya yakni sebesar 2,86 miliar dollar AS.

(Baca: Sri Mulyani Janji Periksa Garuda Indonesia Karena Rugi Triliunan Rupiah )

Dari total pendapatan, penerbangan berjadwal masih mengontribusi pendapatan terbesar Garuda Indonesia, yakni 2,52 miliar dollar AS.

Sementara itu penerbangan tidak berjadwal menyumbang sekitar 256 juta dollar AS. Garuda Indonesia memperoleh pendapatan dari pendapatan lainnya sebesar 332 juta dollar AS.

Beban operasional penerbangan masih menjadi beban terbesar Garuda Indonesia, yakni 1,86 miliar dollar AS.

Beban operasional penerbangan ini meningkat ketimbang sembilan bulan pertama tahun lalu sebesar 1,63 miliar dollar AS.

Kenaikan beban usaha terjadi hampir di seluruh pos. Total beban usaha Garuda Indonesia naik 12,54 persen, lebih tinggi ketimbang kenaikan pendapatan emiten penerbangan ini.

Total beban usaha Garuda Indonesia hingga akhir September 2017 mencapai 3,23 miliar dollar AS. (Elisabet Lisa Listiani Putri)

Berita ini sudah tayang di Kontan.co.id dengan judul "Kerugian Garuda Indonesia naik lima kali lipat" pada Rabu (25/10/2017)

Kompas TV Garuda Indonesia Menderita Kerugian

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com