5 Profesi yang Cocok Bagi Pecinta Traveling - Kompas.com

5 Profesi yang Cocok Bagi Pecinta Traveling

Nurandini Alya Sam
Kompas.com - 26/10/2017, 11:00 WIB
Ilustrasi mengemas barang-barangseb_ra Ilustrasi mengemas barang-barang

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa orang memiliki hobi jalan-jalan atau traveling baik ke dalam negeri maupun ke luar negeri. Sebenarnya memang traveling merupakan hal yang menyenangkan. Selain bisa menambah pengalaman, Anda juga akan bertemu dengan orang baru yang belum pernah Anda temui sebelumnya.

Sayangnya, traveling bukanlah hobi yang murah. Anda harus mengeluarkan banyak biaya yang mungkin akan menguras dompet Anda. Selain menguras dompet, traveling juga mengharuskan Anda menggunakan jatah cuti yang jumlahnya terbatas.

(Baca: Hobi Traveling? Jangan Pernah Lupakan Asuransi Perjalanan)

Untuk mengatasi permasalahan di atas, tak ada salahnya jika Anda memikirkan profesi yang memungkinkan Anda bisa tetap menjalani hobi Anda tanpa mengganggu kerjaan Anda. Berikut lima profesi yang cocok bagi pecinta traveling dilansir dari jobplanet :

1. Travel Blogger atau Vlogger

Seiring berkembangnya zaman, banyak orang yang beralih profesi menjadi blogger atau vlogger (video blogger). Untuk menjadi blogger atau vlogger sebenarnya bukanlah hal yang mudah.

Anda harus mampu menciptakan konten yang membuat masyarakat atau pengguna internet tertarik untuk melihat dan mengikuti pengalaman traveling Anda.

Semakin banyak pengikut Anda, semakin banyak pula kesempatan Anda untuk bisa traveling. Jadi, ketika Anda tertarik untuk menjadi travel Blogger atau Vlogger, pikirkan dari sekarang konten menarik, informatif dan kreatif yang bisa Anda bagikan.

2. Fotografer

Menjadi fotografer sebenarnya bukan hal yang mudah. Anda harus memiliki kemampuan mengambil foto yang berkualitas dan memiliki seni. Namun, ketika Anda menekuni hal tersebut. Bukan tidak mungkin akan banyak orang yang mau bekerja dengan Anda.

Selain bisa membuat Anda terkenal lewat hasil jepretan Anda, menjadi fotografer juga bisa menghasilkan yang, bahkan mungkin memberika pengalaman traveling baru yang belum Anda rasakan sebelumnya.

3. Jurnalis

Menjadi jurnalis merupakan pekerjaan yang menyenangkan apabila Anda memiliki hobi traveling. Karena untuk mendapatkan berita yang memuaskan atau ekslusif, Anda harus terjun langsung ke lapangan untuk mencari informasi terkini untuk dikemas menjadi berita.

Awalnya Anda tidak akan langsung liputan ke tempat yang jauh. Tetapi ketika Anda tekuni bukan tidak mungkin Anda akan ditugaskan untuk liputan ke berbagai tempat yang Anda di Indonesia bahkan di dunia.

4. Relawan

Menjadi relawan di lembaga sosial dapat Anda lakukan jika Anda memiliki jiwa sosial yang tinggi. Jika Anda menjadi relawan, biasanya Anda akan dikirim ke tempat-tempat yang membutuhkan bantuan kemanusiaan.

Mungkin Anda berpikir bahwa ketika menjadi relawan Anda tidak mendapatkan uang. Tetapi Anda melakukan pekerjaan yang mulia dimana Anda bisa menjelajahi tempat-tempat baru yang belum Anda kunjungi sebelumnya.

5. Pemandu Wisata

Menjadi pemandu wisata atau tour guide bukanlah hal yang mudah. Ada sejumlah persyaratan yang harus Anda penuhi salah satunya adalah Anda harus menguasai bahasa asing terutama bahasa inggris.

Selain itu Anda juga harus memiliki wawasan yang luas agar Anda bisa menjelaskan ke klien Anda nantinya. Namun, menjadi pemandu wisata merupakan pekerjaan yang paling cocok bagi Anda pecinta traveling.

Karena ketika Anda menjadi pemandu wisata Anda akan mendampingi klien mengunjungi berbagai destinasi wisata baik dalam negeri maupun luar negeri.

Traveling menggunakan uang sendiri atau gaji dan menggunakan cuti tahunan Anda bukanlah hal yang salah.

Tetapi, ketika Anda bisa bekerja sambil menjalankan hobi Traveling Anda adalah sesuatu yang menyenangkan dan bisa menjadi pengalaman yang sangat berharga bagi kehidupan Anda.

Kompas TV Karena tidak berpenghuni, tidak ada perahu yang singgah ke pulau ini, kecuali perahu sewaan wisatawan.

PenulisNurandini Alya Sam
EditorAprillia Ika

Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM