Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mentega Langka, Warga Perancis Kekurangan Mentega untuk Croissant

Kompas.com - 31/10/2017, 13:41 WIB
Aprillia Ika

Penulis

Sumber Bloomberg

KOMPAS.com - Sarapan warga Perancis tentunya tak lengkap tanpa croissant yang dioles mentega. Namun apa jadinya jika mentega langka?

Hal ini yang dialami warga Perancis. Mereka kesulitan menemukan mentega di berbagai supermarket.

Harga mentega sendiri meroket tinggi sehingga supermarket-supermarket di Perancis enggan membelinya.

Hasilnya, Perancis yang merupakan konsumen tertinggi mentega sedunia harus kekurangan mentega, yang juga jadi bahan pembuatan saus dan kue tar khas Perancis.

Produsen susu sebagai bahan baku mentega, enggan disalahkan jadi penyebab kelangkaan mentega di negara tersebut. Menurut mereka, yang salah adalah pihak riteler Perancis. 

"Isu utamanya yakni ada perang harga antara riteler di Perancis," kata Thierry Roquefeuil, komisaris federasi produsen susu FNPL, kepada Bloomberg.

"Riteler Perancis enggan menaikkan harga, bahkan hanya beberapa sen saja. Produsen produk berbasis susu memilih untuk menjual ke luar negeri, kemungkinan begitu."

Harga mentega di dunia sendiri naik hampir tiga kali lipat menjadi sekitar 8.144 dollar AS per ton atau sekitar 7.000 euro, dari 2.500 euro di 2016. Data ini didapat dari Agritel, konsultan pertanian yang berbasis di Paris.

Di Eropa, harga mentega mencapai puncak di level 6.500 euro di September. Harga ini merupakan harga tertinggi sejak tahun 2000, menurut Komisi Eropa.

Masalah Kehormatan

Tentu saja kelangkaan mentega di Perancis ini jadi perhatian pemerintah setempat sebab masalah ini menyangkut kehormatan bagi bangsa Perancis.

Menteri Pertanian Perancis Stephane Travert mengatakan, pihaknya berharap segera ada kesepakatan antara pihak riteler dengan produsen produk susu untuk harga mentega.

"Saya ingin memastikan bahwa konsumen bisa segera mendapatkan mentega di rak-rak pertokoan dan bahwa hal ini tidak mengecewakan bagi jamuan makan ala Perancis dan kebanggaan akan produk berbasis susu di Perancis," kata dia.

Sebuah laporan yang dirilis oleh firma konsultasi Nielsen menunjukkan 30 persen permintaan mentega oleh supermarket di Perancis tidak ditemukan pada 16-22 Oktober.

Masalah kelangkaan ini sendiri bisa ditelusuri kembali ke 2015 saat berakhirnya kuota produksi susu di April 2015, yang mengakibatkan harga susu jatuh. Produsen susu kemudian melakukan pemangkasan produksi pada musim semi tahun ini.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Bloomberg
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com