Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bank BJB Terbitkan Obligasi dengan Target Dana Rp 4,5 Triliun

Kompas.com - 31/10/2017, 22:30 WIB
Bernardin Mario P. N.

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Pembangunan Daerah Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk atau Bank BJB menerbitkan surat utang melalui Penawaran Umum Berkelanjutan (PUB) dengan target dana sebesar Rp 4,5 triliun.

Pada tahap I tahun 2017 sendiri sudah diterbitkan sebesar Rp 2,5 triliun dengan Obligasi sebesar Rp 1,5 triliun dan Obligasi Subordinasi sebesar Rp 1 triliun.

Hal ini sebagai upaya Bank BJB mendiversifikasi instrumen pendanaan dan permodalan dalam rangka ekspansi kredit perusahaan.

Melalui rilis yang diterima Kompas.com, Direktur Utama bank bjb, Ahmad Irfan mengatakan bahwa dana hasil obligasi akan digunakan untuk ekspansi kredit.

“Perusahaan akan menempatkan dana tersebut dalam struktur dan instrumen keuangan yang aman, likuid, dan menguntungkan,” ujar Irfan, Jumat (27/10/2017).

Skema obligasi yang ditawarkan bank bjb pada PUB tahap I 2017 yang terdiri dari Obligasi sebesar Rp 1,5 triliun dibagi menjadi tiga seri, yakni Seri A dengan tenor tiga tahun, Seri B tenor lima tahun, dan Seri C tenor tujuh tahun.

Sementara Obligasi Subordinasi sebesar Rp 1 Triliun dibagi menjadi dua seri, yakni Seri A dengan tenor lima tahun dan Seri B tenor tujuh tahun dengan pembayaran kupon dilakukan setiap tiga bulan.

Masa penawaran awal instrumen ini sudah dibuka pada 27 Oktober - 10 November 2017, dengan masa penawaran umum diperkirakan akan dilakukan pada 24 November - 28 November 2017 dan penjatahan pada 29 November 2017.

Sedangkan pencatatan pada Bursa Efek Indonesia (BEI) direncanakan akan dilakukan pada 4 Desember 2017.

Sejauh ini total emiten bersandi saham BJBR ini telah delapan kali menerbitkan Obligasi dan satu kali menerbitkan Obligasi Subordinasi.

Dalam aksi ini, bank bjb menunjuk empat perusahaan penjamin pelaksana emisi, yakni BCA Sekuritas, CIMB Sekuritas Indonesia, RHB Sekuritas Indonesia, dan Sucor Sekuritas. 

Sementara itu PT Bank Mega, Tbk ditunjuk sebagai Wali Amanat penerbitan instrumen.

Kompas TV Pasar Investasi Lebih Menarik Dibanding Pasar Saham

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com