Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hingga Kuartal III, Laba Bersih Bank Ganesha Naik 42 Persen

Kompas.com - 31/10/2017, 23:00 WIB
Aprillia Ika

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Bank Ganesha Tbk hari ini melaporkan laba bersih setelah pajak (tidak diaudit) sebesar Rp 42,0 miliar dalam periode sembilan bulan yang berakhir pada tanggal 30 September 2017.

Melalui rilis perseroan kepada Kompas.com, jumlah tersebut meningkat 42 persen year-on-year (yoy) dari Rp 29,6 miliar dalam periode yang sama pada 2016.

Peningkatan laba bersih didukung oleh kapasitas pendapatan yang kuat dan disiplin untuk mengurangi dan merampingkan biaya operasional sembari terus berinvestasi dalam pengembangan infrastruktur dan kapabilitas perbankan.

Total pendapatan operasional naik 53 persen yoy menjadi Rp 186,9 miliar yang didorong oleh pertumbuhan yang kuat pada Pendapatan Bunga Bersih dan Pendapatan Berbasis Biaya.

Pendapatan Bunga Bersih naik 44 persen yoy menjadi Rp 156,9 miliar dari Rp 109,0 miliar setahun sebelumnya, didukung oleh pertumbuhan kredit yang signifikan.

Pendapatan Berbasis Biaya naik 126 persen yoy menjadi Rp 30,0 miliar dari Rp 13,3 miliar setahun sebelumnya terutama didorong oleh kinerja yang baik dalam pendapatan biaya, komisi dan keuntungan dari efek-efek yang dimiliki.

Bank Ganesha mencatat Rasio Kecukupan Modal (CAR) sebesar 33,8 persen pada periode sembilan bulan pertama 2017, jauh di atas persyaratan regulator dan tetap mendukung pertumbuhan bisnis.

Bank menyelesaikan proses Penawaran Umum Perdana Saham (IPO) pada semester pertama 2016, dimana perbaikan permodalan ini mendorong Bank Ganesha masuk menjadi salah satu bank terkemuka dalam kategori BUKU II dengan total ekuitas sebesar Rp 1,103 triliun per 30 September 2017.

Permodalan yang jauh lebih kuat memungkinkan Bank untuk mengembangkan portofolio kreditnya sebesar 21persen yoy menjadi Rp 2,62 triliun pada akhir September 2017 dari Rp 2,17 triliun setahun sebelumnya, yang terdiversifikasi dengan baik dan disalurkan ke berbagai sektor.

Total aset mencapai Rp 4,61 triliun, naik 16 persen yoy dari Rp.3,96 triliun di tahun sebelumnya.

Pada sisi kewajiban, total Dana Pihak Ketiga juga naik pesat mencapai Rp. 3,36 triliun pada akhir September 2017, atau naik 26% persen yoy, didukung oleh pertumbuhan yang kuat terutama pada deposito sebesar 62 persen yoy menjadi Rp. 2,46 triliun.

Bank selalu menjunjung tinggi kepatuhan terhadap prinsip kehati-hatian perbankan dan terus mencatatkan peningkatan kualitas aset, didukung oleh pemulihan kredit bermasalah yang kuat selama periode tersebut.

Non Performing Loan (NPL) Gross membaik menjadi 0,97 persen pada sembilan bulan pertama 2017 dari 1,25 persen di tahun sebelumnya, sementara NPL Net juga membaik menjadi 0,54 persen dari 0,95 persen.

Kuartal IV

Bank baru-baru ini membuka kantor cabang terbarunya di kota Medan, provinsi Sumatera Utara, pada 24 Oktober 2017.

Inisiatif ini merupakan salah satu tonggak pencapaian dimana Bank melakukan optimalisasi jaringan kantor demi memberikan pelayanan yang lebih baik kepada nasabah.

Dalam kuartal terakhir 2017, Bank juga berencana untuk meluncurkan Internet Banking dan Mobile Banking yang memberikan kemudahan bagi nasabah untuk melakukan transaksi perbankan kapanpun dimana saja.

Selama periode, Bank Ganesha terus menerima berbagai penghargaan dan pengakuan yang mencerminkan kesuksesan perjalanan transformasinya dan komitmen yang teguh untuk terus memenuhi kebutuhan perbankan nasabah. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com