Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Naik Ke Puncak Burj Khalifa Dubai, Hanya Butuh 60 Detik

Kompas.com - 01/11/2017, 05:00 WIB
Aprillia Ika

Penulis

DUBAI, KOMPAS.com - Kompas.com berkesempatan menjajal sensasi lift tercepat di dunia saat menyambangi Burj Khalifa di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA) pada Sabtu (28/7/2017) lalu.

Untuk mencapai puncak observasi di lantai 124 gedung tertinggi di dunia tersebut, hanya butuh waktu 60 detik saja. Sementara untuk mencapai lantai 125, dibutuhkan waktu 70 detik.

Untuk masuk ke Burj Khalifa, Anda harus menyediakan waktu sebelum pukul 16.00 sore waktu setempat. Gedung ini sendiri buka sejak pukul 08.00-23.00 waktu setempat. Sebagai perbandingan, di Dubai jamnya lebih lambat sekitar 3 jam dari waktu Indonesia barat (WIB).

Memasuki Dubai Mall, Sabtu (28/10/2017)KOMPAS.com/APRILLIA IKA Memasuki Dubai Mall, Sabtu (28/10/2017)
Lokasi Burj Khalifa sendiri berada di seputaran Dubai Mall. Mall ini terkenal dengan akuarium raksasa dengan tebal kaca hingga 75 sentimeter. Akuarium ini juga merupakan akuarium di dalam mall terbesar di dunia.

Akuarium terbesar di mall di Dubai Mall dengan tebal kaca hingga 75 sentimeter, Sabtu (28/10/2017). Gelembung-gelembung di atas akuarium berfungsi sebagai sarana iklan. KOMPAS.com/APRILLIA IKA Akuarium terbesar di mall di Dubai Mall dengan tebal kaca hingga 75 sentimeter, Sabtu (28/10/2017). Gelembung-gelembung di atas akuarium berfungsi sebagai sarana iklan.
Setelah berjalan melewati akuarium, Anda harus turun melewati escalator untuk menuju venue pembelian tiket menuju Burj Al-Khalifa. Di lorong venue pembelian tiket, banyak wisatawan duduk melepas lelah sembari menanti pihak yang antri membeli tiket.

Tempat melepas lelah para wisatawan sembari menanti pembelian tiket At The Top Burj Al-Khalifa di Dubai Mall, Sabtu (28/10/2017)KOMPAS.com/APRILLIA IKA Tempat melepas lelah para wisatawan sembari menanti pembelian tiket At The Top Burj Al-Khalifa di Dubai Mall, Sabtu (28/10/2017)
Maklum, Dubai Mall merupakan mall terbesar dengan ukuran hingga 7 kilometer. Walaupun di dalam mall dingin ber-AC, namun tetap akan pegal bagi yang tidak biasa jalan jauh.

Harga tiket menuju Burj Khalifa ini sekitar Rp 1 jutaan jika dirupiahkan. Sementara satu dirham UEA sekitar Rp 3.600 hingga Rp 3.700.

Saran Kompas.com, sebaiknya Anda menukarkan uang dirham di money changer di Indonesia saja untuk mendapatkan rate terbaik.

Tiket menuju At The Top Burj Al-Khalifa, Sabtu (28/10/2017)KOMPAS.com/APRILLIA IKA Tiket menuju At The Top Burj Al-Khalifa, Sabtu (28/10/2017)
Untuk Anda yang berdomisili di Jakarta, Anda bisa menukar ke Dua Sisi di Plaza Senayan atau di Senayan City, sebagai salah satu money changer dengan rate yang baik. Atau ke Ayu Masagung di sekitar Tugu Tani.

Tiga dimensi Burj Al-Khalifa, dengan ombak di bawah yang bisa dimainkanKOMPAS.com/APRILLIA IKA Tiga dimensi Burj Al-Khalifa, dengan ombak di bawah yang bisa dimainkan
Pegang erat-erat tiket Anda jika sudah mendapatkannya, sebab untuk naik ke lift Burj Al-Khalifa ini dilakukan sejumlah inspeksi oleh petugas.

Di tengah jalan berputar menanjak menuju lift, Anda akan disuguhkan diorama tiga dimensi bentuk Burj Khalifa. Uniknya, diorama laut di bawahnya bisa bergeser jika terkena sapuan angin dari tangan kita.

Titik untuk melihat puncak Burj Al-KhalifaKOMPAS.com/APRILLIA IKA Titik untuk melihat puncak Burj Al-Khalifa
Kemudian juga ada titik tempat melihat puncak Burj Al-Khalifa. Pekerja di sini dengan senang memandu Anda untuk melihatnya.

Oiya, rata-rata venue menarik di Burj Khalifa ditandai dengan tanda "Instragammable" dengan stiker yang ditempel di lantai. Sehingga Anda bisa mendapatkan foto terbaik untuk kenang-kenangan.

Sampai mendekati lift, akan ada sejumlah antrean yang lumayan padat. Satu lift busa mengangkut 15 orang dan ada lift yang lebih besar ke lantai 125 yang bisa mengangkut 25 orang. kebetulan Kompas.com menjajal lift yang langsung ke lantai 125.

Di Burj Al-Khalifa, kebanyakan petugasnya berasal dari Filipina. Mereka memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang cukup baik.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com