Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berkat PlayStation, Sony Catat Rekor Laba Tertinggi

Kompas.com - 01/11/2017, 15:30 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

TOKYO, KOMPAS.com - Perusahaan elektronik asal Jepang Sony menyatakan bakal membukukan rekor laba tahunan tertinggi. Laba ini didorong cemerlangnya kinerja pada unit bisnis game dan bagian-bagian smartphone.

Mengutip BBC, Rabu (1/11/2017), Sony memproyeksikan perolehan laba operasional sebesar 630 miliar yen atau sekitar 5,6 miliar dollar AS. Sebelumnya, produsen konsol game PlayStation ini memprediksi laba operasional mencapai 500 miliar yen.

Penjualan PlayStation dan bagian-bagian smartphone telah mendorong Sony kembali mencatatkan kinerja keuangan yang menggembirakan. Sony juga menyatakan, laba pada kuartal III 2017 melonjak menjadi 204,2 miliar yen dibandingkan periode yang sama tahun lalu yang hanya 45,7 miliar yen.

Hasil keuangan yang lebih baik dari prediksi tersebut disebabkan karena kembali membaiknya kegiatan produksi. Seperti diketahui, kegiatan produksi Sony sempat terganggu lantaran dilanda gempa bumi di Jepang tahun lalu.

(Baca: Sony Beli Saham Michael Jackson Rp 9,75 Triliun)

Penjualan yang positif pada bisnis semikonduktor juga mendongkrak kinerja keuangan Sony. Bisnis ini mencakup di dalamnya adalah sensor pada kamera-kamera smartphone.

Sony juga mengumumkan penjualan yang positif pada bisnis film. Hal ini didorong kesuksesan film Spider-Man: Homecoming di seluruh dunia.

Selain itu, Sony juga telah memangkas ribuan pekerjaan dan menjual aset demi efisiensi. Kini, Sony fokus pada bisnis game dan sensor kamera guna membalikkan kinerja bisnis setelah bertahun-tahun menderita kerugian.

Sony pun menambah investasi pada kecerdasan artifisial. Hal ini sejalan dengan upaya Sony mengejar raksasa teknologi AS seperti Amazon dan Alphabet.

Kompas TV Sony Picture Rilis Trailer Film Terbaru Jumanji


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com