Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perkuat Daya Saing Sawit, Gapki Usul Tiga Hal ke Pemerintah 

Kompas.com - 02/11/2017, 12:20 WIB
Achmad Fauzi

Penulis

NUSA DUA, KOMPAS.com - Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) menilai persaingan pasar industri kelapa sawit dan produk turunannya semakin ketat. Pasalnya, beberapa negara-negara  lebih proyektif untuk mengimpor kelapa sawit.

Salah satunya, yakni resolusi sawit yang dikeluarkan Uni Eropa karena karena dinilai masih menciptakan banyak masalah dari deforestasi, korupsi, pekerja anak, sampai pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM).

"Sehingga hal ini, yang membuat persaingan di pasar global menjadi makin tidak pasti," ujar Ketua Umum Gapki, Joko Supriyono dalam Indonesia Palm Oil Conference di Bali Nusa Dua Conference Center, Bali, Kamis (2/11/2017). 

Maka dari itu, tutur Joko, untuk lebih meningkatkan daya saing kelapa sawit dan produk turunannya Gapki mengusulkan tiga hal kepada pemerintah. Pertama, Gapki meminta kepada pemerintah untuk memperluas pasar ekspor kelapa sawit dan produk turunan Indonesia ke negara-negara lain. 

(Baca: Gapki: Imbal Barter Sukhoi Rusia Berikan Kepastian Pembelian CPO)

Hingga saat ini, Indonesia mempunyai pasar ekspor di negara India, China, Uni Eropa, Amerika Serikat, dan Pakistan. 

Kedua, lanjut Joko, Gapki menginginkan adanya kemudahan berinvestasi dalam industri kelapa sawit. Salah satunya, dengan menyederhanakan regulasi yang dapat memberi kemudahan pengusaha untuk berinvestasii di dalam industri kelapa sawit. 

"Ketiga, sertifikasi Indonesian Sustainable Palm Oil System (ISPO) harus diperkuat, terutama terkait dengan penataan institusi agar ISPO lebih kredibel dan diakui secara internasional," jelas dia. 

Joko menambahkan, Gapki dalam industri juga terus mendorong perkembangan industri kelapa sawit di Indonesia. Salah satunya, dengan menggandeng petani kelapa sawit dengan skala kecil.

"Inisiatif ini adalah untuk mendorong dan meningkatkan kerja sama antara perusahaan dgn petani kecil yang saat ini sudah dilakukan oleh beberapa perusahaan. Kerja sama ini bertujuan untuk mendorong perluasan kerja sama dan kemitraan dengan petani kecil sawit," pungkas dia. 

Kompas TV Manfaat Kelapa Sawit untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com