Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gapki Targetkan Produksi CPO 2017 Capai 36,5 Juta Ton

Kompas.com - 02/11/2017, 20:35 WIB
Achmad Fauzi

Penulis

NUSA DUA, KOMPAS.com - Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) menargetkan produksi minyak kelapa sawit Indonesia atau (Crude Palm Oil/CPO) mencapai 36,5 juta ton pada tahun ini. Angka tersebut, naik 4 ton dari produksi CPO tahun lalu.

Ketua Umum Gapki, Joko Supriyono mengatakan, hingga Agustus 2017 produksi CPO Indonesia mencapai 21 juta ton. Kenaikan produksi CPO merupakan imbas dari hilangnya fenomena el nino atau kekeringan yang melanda Indonesia pada 2015-2016.

"Rata-rata produksi per bulan sebesar 3,5 juta ton sampai 3,8 juta ton. Jadi kalau diestimasikan, produksi sampai akhir tahun bisa 36,5 juta ton," ujar Joko dalam Indonesia Palm Oil Conference (IPOC) di Bali Nusa Dua Conference Center, Bali, Kamis (2/11/2017).

Selain itu, Joko menuturkan, ekspor CPO dan produk turunannya dari Indonesia juga naik pada tahun ini. Dia memperkirakan ekspor CPO pada tahun ini mencapai 30 juta ton.

"Itu naik signifikan dari tahun lalu sebesar 24 juta ton. Ekspor sampai September juga meningkat 20 persen," tutur dia.

Joko menambahkan, dengan angka ekspor yang naik tersebut, hal itu mengkukuhkan Indonesia sebagai eksportir terbesar di dunia.

Saat ini, Indonesia mempunyai pasar ekspor di negara India, China, Uni Eropa, Amerika Serikat, dan Pakistan.

"Selain itu, CPO juga menjadi penyumbang pendapatan terbesar ke negara dan memberikan sumbangan pada pertumbuhan ekonomi Indonesia, serta penciptaan lapangan kerja," pungkas dia.

Seperti diketahui, pada 2016 kelapa sawit dan produk turunannya menyumbang nilai ekspor sebesar 17,8 miliar dollar AS atau sekitar Rp 240 triliun, naik 8 persen dari tahun sebelumnya. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com