Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nilai Bitcoin Sempat Tembus Rp 97,8 Juta

Kompas.com - 03/11/2017, 13:16 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Fortune

NEW YORK, KOMPAS.com - Nilai mata uang virtual bitcoin menembus 7.000 dollar AS pada perdagangan Kamis (2/11/2017) waktu setempat. Bahkan, nilai bitcoin telah menyentuh 7.300 dollar AS atau sekitar Rp 97,8 juta.

Penguatan nilai bitcoin secara signifikan dimulai sejak sehari sebelumnya ketika Chicago Merchantile Exchange (CME) mengumumkan rencana penawaran berjangka bitcoin. Langkah ini bisa menambah jumlah investor institusional pada pasar bitcoin dan tentu saja menggenjot harga lebih tinggi.

Mengutip Fortune, Jumat (3/11/2017), bitcoin sempat menyentuh nilai 6.500 dollar AS pada Rabu (1/11/2017) dan akhirnya menembus 7.350 dollar AS pada Kamis. Penguatan ini disebabkan para trader di Asia telah mengetahui pengumuman CME tersebut.

"Ini berkat bangkitnya Asia," kata Timothy Enneking, direktur pelaksana Crypto Asset Management.

(Baca: Harga Bitcoin Kini Tembus Rp 89,1 Juta Per Keping)

Namun, kemudian nilai bitcoin sedikit turun menjadi 6.800 dollar AS atau sekitar Rp 91,1 juta. Pergerakan harga bitcoin tersebut terus membuat regulator merasa khawatir.

Para investor berharap keputusan CME, yang masih tertunda karena ada tinjauan aturam, akan meningkatkan jumlah pemain di pasar. Dengan demikian, masalah volatilitas akan sedikit teratasi dan likuiditas akan meningkat.

Meskipun demikian, nilai bitcoin dipandang masih bisa menurun sebelum akhirnya kembali naik. Thomas Lee, managing partner Fundstrat Global Advisors mengatakan, hal ini patut diwaspadai oleh investor.

"Untuk yang berpikiran taktis, kisaran bitcoin bisa mencapai 5.500 dollar AS. Dalam jangka panjang, nilai bitcoin diprediksi bisa mencapai 25.000 dollar AS pada 2022," ungkap Lee.

Kompas TV Bagi Anda pecinta sepak bola sejati, tentunya mengenal salah satu legenda yang berasal dari Belanda, yakni Johan Cruyff. Cruyff memang sudah tidak lagi berada di tengah-tengah kita karena wafat akibat kanker pada 24 maret 2016 di Barcelona, Spanyol. Namun pemerintah Belanda akan menghidupkan kembali kenangan kepada sang legenda dengan cara yang sangat terhormat. The Royal Dutch Mint atau perusahaan resmi yang mencetak uang di Belanda mengumumkan akan mengeluarkan mata uang 5 Euro yang memuat wajah Johan Cruyff. Koin Cruyff merupakan seri baru mata uang Euro yang dikeluarkan oleh Belanda dengan memakai sosok-sosok olahragawan historis. Koin ini sendiri rencananya akan mulai diproduksi pada tanggal 20 September tahun ini. Semasa karirnya sebagai pemain, Cruyff tampil sebanyak 48 kali bersama Timnas Belanda dan membawa The Orange ke final Piala Dunia tahun 1974. Pada karir profesionalnya sebagai pemain dan pelatih, Cruyff berpengaruh besar membawa Ayax Amsterdam delapan kali Juara Eredivisie dan tiga kali juaran Piala Champions Eropa. Sementara, saat membela Barcelona, Cruyff membawa klub asal katalan lima kali juara La Liga, dan sekali juara Piala Champions Eropa, serta berperan besar atas lahirnya akademi sepak bola, La Masia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Fortune



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com