Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BI: Ekspor dan Investasi Penopang Pertumbuhan Ekonomi Kuartal III 2017

Kompas.com - 06/11/2017, 20:39 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal III 2017 tercatat sebesar 5,06 persen secara tahunan (yoy). Angka ini lebih baik dibandingkan kuartal II 2017 yang tercatat sebesar 5,01 persen (yoy).

Pertumbuhan ekonomi tersebut juga lebih baik jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya yang sebesar 5,01 persen (yoy).

"Membaiknya pertumbuhan ekonomi pada kuartal III 2017 tersebut sejalan dengan perkiraan Bank Indonesia," kata Kepala Departemen Komunikasi BI Agusman dalam pernyataan resmi, Senin (6/11/2017).

Membaiknya pertumbuhan ekonomi pada kuartal III 2017 didorong meningkatnya kinerja ekspor dan investasi, serta konsumsi yang relatif terjaga. Perbaikan kinerja ekspor terutama dipengaruhi membaiknya harga komoditas seperti minyak kelapa sawit (CPO) dan batu bara, serta meningkatnya pertumbuhan ekonomi dunia.

Baca juga : Kuartal III, Pertumbuhan Industri Nonmigas di Atas Pertumbuhan Ekonomi Nasional

Investasi tumbuh meningkat mencapai level tertinggi sejak kuartal I 2013 didukung baik investasi bangunan dan nonbangunan. Investasi bangunan tumbuh tinggi sejalan terus berlanjutnya pembangunan infrastruktur pemerintah disertai peran sektor swasta, sementara investasi nonbangunan juga tumbuh tinggi didorong pembelian mesin dan perlengkapan.

"Di sisi lain, kinerja konsumsi pemerintah membaik sejalan dengan meningkatnya pengeluaran pemerintah, sementara konsumsi rumah tangga tetap terjaga meskipun tumbuh sedikit lebih rendah dibanding kuartal sebelumnya," kata Agusman.

Ke depan, sebut dia, bank sentral memperkirakan pertumbuhan ekonomi terus membaik. Dukungan harga komoditas yang masih tinggi dan perbaikan perekonomian dunia yang terus berlanjut akan berdampak positif bagi kinerja ekspor Indonesia.

"Sejalan dengan peningkatan ekspor, investasi juga diperkirakan terus meningkat didukung percepatan reformasi struktural untuk penciptaan iklim investasi yang semakin kondusif," ungkap Agusman.

BI terus mencermati berbagai perkembangan domestik dan eksternal, serta terus memperkuat koordinasi kebijakan dengan pemerintah untuk memastikan stabilitas makroekonomi dan keuangan tetap terjaga. Selain itu, pelonggaran kebijakan moneter yang telah ditempuh diharapkan semakin memperkuat momentum pertumbuhan ekonomi.

Kompas TV Badan Pusat Statistik mengumumkan besaran pertumbuhan ekonomi indonesia di triwulan ketiga lalu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com