Selalu Berpikir Positif demi Karier yang Sukses dengan Tips Berikut - Kompas.com

Selalu Berpikir Positif demi Karier yang Sukses dengan Tips Berikut

Kompas.com - 11/11/2017, 18:30 WIB
IlustrasiThinkstockphotos Ilustrasi

KOMPAS.com - Dalam hidup, tentunya memiliki banyak hal yang belum terwujud dan banyak juga kesalahan dari masa lalu yang pernah dilakukan. Berbagai permasalahan yang menumpuk dapat menjadi penghalang untuk mendapat kebahagiaan dan berpikiran jernih.

Berpikiran jernih dalam menjalani hidup sangatlah diperlukan terlebih lagi berpikiran positif.
Mempunyai pemikiran positif adalah hal yang seharusnya dijaga dalam hidup.

Berpikir positif mempunyai pengertian bahwa kita selalu mempunyai harapan yang positif dan menjaga kebahagiaan hati dan pikiran.

Bukan berarti tidak memikirkan dan menghindari permasalahan, berpikir positif justru akan membantu kita lebih cepat dan tenang dalam menyelesaikan permasalahan.

Baca juga : Stop Posting Hal Berikut Ini di Medsos Agar Karier Anda Aman

Mempunyai pemikiran yang selalu mengarah kepada hal-hal yang baik akan mempunyai dampak yang positif bagi tubuh.

Karena dengan pemikiran positif, kita akan selalu dapat menghadapi semua masalah dengan mudah dan tenang. Dan secara otomatis akan muncul motivasi dan gairah dalam diri yang berimbas kepada tubuh yang secara langsung dirangsang otak.

Bagaimana bisa menjaga agar selalu mempunyai pola pikir yang positif? Agar dapat memiliki aura positif dalam tubuh dan terpancar hal-hal yang positif dalam setiap aktivitas yang dilakukan, berikut ini adalah tips-tips untuk bisa menjadi karyawan yang selalu berpikiran positif.

1.    Membiasakan Diri Hidup Bahagia

Hidup bahagia adalah salah satu hal yang harus dibiasakan agar senantiasa berpikiran positif. Hidup bahagia bukan hanya hidup kaya raya ataupun bergelimang harta benda. 

Sebab harta bukanlah ukuran. Banyak orang yang bergelimang harta, tetapi tidak bahagia. Dan ada orang yang kekurangan juga tidak bahagia.

Hakikat bahagia adalah melihat hidup yang dimiliki adalah sesuatu yang sangat indah. Kita bisa mencoba membangkitkan rasa bahagia dengan mengingat kenangan-kenangan indah yang dimiliki dan kemudian bersyukur.

Semakin banyak dapat membangkitkan rasa syukur dalam setiap aktivitas, semakin besar peluang untuk bahagia dan tentunya mempunyai pikiran positif.

2.    Lakukan Kegiatan-Kegiatan Positif

Melatih pemikiran positif juga dapat diwujudkan dengan melakukan kegiatan-kegiatan positif. Kita dapat melakukan hal yang positif, seperti berbagi dengan sesama dan mencoba berempati terhadap permasalahan yang dihadapi teman hingga berusaha memberikan bantuan.

Banyak melakukan kegiatan sosial dan ikut serta dalam kelompok-kelompok sosial juga dapat melatih diri untuk selalu berpikiran positif.

3.    Hindari Bergunjing dan Berbicara Keburukan Orang Lain

Membicarakan orang lain tentunya bukan hal yang tidak bisa dielakkan. Seolah-olah materi dalam obrolan ringan adalah membicarakan orang lain. Tentunya keburukan orang akan lebih banyak porsinya dibandingkan kebaikannya.

Agar berpikir positif dan setop membicarakan keburukan orang lain, cobalah untuk melihat keburukan diri sendiri. Sebab kita sebenarnya tidak akan lebih baik dari orang lain. Buanglah jauh jauh kebiasaan tersebut. Orang yang berpikiran positif akan selalu menjaga pikirannya dengan hal-hal yang baik.

4.    Lupakan Masa Lalu dan Memaafkan Diri Sendiri

Memaafkan adalah hal yang terberat dalam hidup. Walaupun terlihat sepele, memaafkan adalah sesuatu yang berat. Bahkan, ada pepatah yang mengatakan manusia terkuat adalah manusia yang mudah untuk memaafkan.

Jangankan memafkan orang lain, kita terkadang juga tidak bisa memaafkan kesalahan sendiri. Padahal, memaafkan kesalahan kita di masa lalu dan mencoba untuk melupakan masa lalu yang buruk agar selalu melihat ke depan adalah salah satu cara agar dapat mulai berpikiran positif.

5.    Milikilah Mimpi yang Tinggi dalam Hidup

Salah satu yang dapat memotivasi hidup adalah mimpi. Mimpi merupakan ambisi dan cita-cita yang dimiliki. Tanpa mimpi, hidup sebenarnya akan menjadi hampa. Raihlah dan miliki mimpi yang tinggi kemudian susunlah rencana bagaimana untuk bisa mencapainya.

Presiden Pertama Republik Indonesia, Sukarno, pernah berujar dalam pidatonya, "Bermimpilah setinggi langit karena bila engkau jatuh, engkau akan jatuh di antara bintang-bintang".

Kata-kata Sukarno tersebut sungguh mempunyai arti mendalam. Betapa tidak, setiap usaha yang akan dilalui dalam mencapai mimpi tentunya akan melewati pengalaman dan proses yang luar biasa.

Apabila gagal mencapai tujuan utama, paling tidak telah mempunyai pengalaman dan kemampuan menuju ke arah mimpi tadi.

Dan pengalaman itulah ibarat bintang-bintang. Karena itu, susunlah strategi untuk mencapai cita-cita kita agar pikiran selalu dipenuhi dengan hal-hal positif agar mimpi dapat tercapai

6.    Milikilah Keyakinan

Hal yang paling utama adalah mempunyai keyakinan. Memiliki keyakinan juga bukanlah hal yang mudah. Keyakinan adalah pemikiran dan tekad secara psikologis yang mendorong rasa percaya pada diri agar yang diinginkan dapat tercapai.

Dalam berdoa pun, kita juga harus mempunyai keyakinan bahwa doa akan terkabul. Demikian kuat sebuah keyakinan, sampai-sampai dapat mendorong orang untuk melakukan hal-hal yang tidak masuk di akal.

Karena itu, bulatkan keyakinan terhadap sesuatu yang bersifat positif. Selalu yakin dan cobalah memperkuat keyakinan.

Berpikiran Positif Akan Membawa Kesuksesan dalam Hidup

Mempunyai pemikiran yang positif akan membantu dalam melakukan segalanya dengan rasa yakin dan tenang. Menganggap segala masalah akan dapat diselesaikan dan selalu ada solusi. Di samping itu, berpikir positif akan membawa kita untuk selalu yakin dengan tercapainya mimpi.

Kompas TV Dulu Gaji Emil Dardak Rp 100 Juta - AIMAN

EditorAprillia Ika

Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM