Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesta Belanja Online Alibaba Siap Pecahkan Rekor Transaksi Tahun 2016

Kompas.com - 11/11/2017, 20:35 WIB
Pramdia Arhando Julianto

Penulis

SHANGHAI, KOMPAS.com - Gelaran pesta belanja online Alibaba atau yang dikenal dengan 11.11 Global Shopping Festival 2017 siap memecahkan rekor transaksi tahun 2016 lalu.

Pada perhelatan akbar kali ini, total transaksi pesta belanja online dari pembukaan pada Sabtu dinihari pukul 00.00 hingga pukul 12.00 waktu Shanghai, telah membukukan total transaksi sebesar 17,5 miliar dollar AS dalam 12 jam.

Jumlah tersebut mendekati total transaksi selama 24 jam pada acara yang sama tahun 2016 sebesar 17,8 miliar dollar AS.

"11.11 Global Shopping Festival adalah kolaborasi bisnis berskala besar yang menyatukan konsumen, pengecer, perusahaan logistik, institusi keuangan, toko online dan offline serta pusat perbelanjaan di seluruh dunia," ujar CEO Alibaba Group Daniel Zhang pada Sabtu dinihari waktu Shanghai.
Baca juga : Ritel Alibaba Pasarkan Kerupuk Udang Asal Indonesia

Dari data Alibaba Group, total transaksi dalam Gross Merchandise Volume (GMV) melalui aplikasi Alipay pada dua dua jam pertama adalah sebesar 11,9 miliar dollar AS atau Rp 160,8 triliun.

Selain itu, sebanyak 91 persen dari transaksi tersebut dilakukan dengan melalui ponsel.

Dalam satu jam pertama, lebih dari 60 brand menghasilkan penjualan lebih dari 15,1 juta dollar AS atau Rp 204 miliar, seperti brand internasional Apple, Estée Lauder, Gap, L’Oreal, Nike, Samsung, Uniqlo, Zara, dan lainnya.

Pada Gala tahun ini, Alibaba menghibur para pengunjung dan awak media dari berbagai negara dengan menghadirkan beberapa artis kelas dunia, yaitu Pharrell Williams, Nicole Kidman, Maria Sharapova, hingga Jessie J di Mercedes-Benz Arena, Shanghai.

Pada 2017 ini, Alibaba menargetkan sebanyak 500 juta konsumen dari seluruh dunia terlibat aktif dalam festival yang menyediakan 140.000 merek dan 15 juta produk berkualitas.

Kompas TV Alibaba Tambah Kepemilikan Saham ke Lazada

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com