Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puluhan Ribu Milenial Sudah Investasi di Pasar Modal

Kompas.com - 12/11/2017, 15:24 WIB
Kontributor Amerika Serikat, Andri Donnal Putera

Penulis

MALANG, KOMPAS.com - Gaya hidup para milenial terhadap perekonomian di Indonesia telah berkembang ke arah investasi di pasar modal. Salah satu anak usaha Bank Mandiri, Mandiri Sekuritas, mencatat ada puluhan ribu nasabah instansinya yang berinvestasi di pasar modal, dengan sebaran hampir 50 persennya merupakan generasi milenial yang diklasifikasi sebagai kelahiran tahun 1980 sampai 2000-an.

"Mandiri Sekuritas telah dipercaya lebih dari 72.000 nasabah yang berinvestasi di pasar modal, di mana hampir 50 persen nasabah merupakan kategori milenial. Selain itu, 75 persen nasabah Mandiri Sekuritas telah menggunakan platform digital untuk berinvestasi," kata Managing Director Mandiri Sekuritas Lisana Irianiwati kepada Kompas.com di Malang, Jawa Timur, Sabtu (11/11/2017).

Baca juga : Bursa Efek: Generasi Millenial Mulai Minati Pasar Modal

Lisana menjelaskan, 72.000 nasabah Mandiri Sekuritas dihimpun dari 2012 hingga tahun 2017. Adapun platform digital yang dimaksud tadi digunakan oleh 75 persen dari total nasabah Mandiri Sekuritas terkini adalah aplikasi Mandiri Securities Online Trading (MOST).

Ilustrasi generasi milenial bekerjahobo_018 Ilustrasi generasi milenial bekerja
Melalui aplikasi tersebut, nasabah dimungkinkan melakukan online trading. Jika data di atas disandingkan bersamaan, maka terlihat ada kesamaan pertumbuhan jumlah nasabah yang berinvestasi di pasar modal dengan mekanisme online trading, di mana diperkirakan mereka-mereka ini banyak didominasi kaum milenial.

Baca juga : Teknologi Social Network dalam Investasi Pasar Modal

"Mulai dari yang mahasiswa, usia 18 tahun sampai mereka yang sudah bekerja dengan berbagai macam profesi, sudah berinvestasi di pasar modal. Trennya sudah mulai banyak yang nabung saham," tutur Lisana.

Ke depannya, Lisana memprediksi tren ini akan terus meningkat. Mandiri Sekuritas juga melaksanakan kegiatan edukasi seputar kiat-kiat berinvestasi di pasar modal bagi nasabah yang menggunakan MOST.

Baca juga : Sandiaga Sebut UKM Bisa Naik Kelas jika Diajari tentang Pasar Modal

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com