Empat Keluarga Kaya Ini Dorong Anak-anaknya Belajar Bahasa Mandarin - Kompas.com

Empat Keluarga Kaya Ini Dorong Anak-anaknya Belajar Bahasa Mandarin

Sakina Rakhma Diah Setiawan
Kompas.com - 12/11/2017, 22:59 WIB
IlustrasiThinkstockphotos Ilustrasi

NEW YORK, KOMPAS.com - Belajar bahasa kedua terbukti memberikan manfaat kognitif, kesehatan, dan pendidikan. Mempelajari bahasa asing memperbaiki perkembangan otak, melindungi dari penyakit demensia, dan mendorong konsentrasi.

Saat ini, bahasa Mandarin dipandang sebagai bahasa yang sedang digandrungi untuk dipelajari. Banyak keluarga kaya mulai mendorong buah hati mereka mempelajari bahasa ini sejak usia dini.

Mengutip Business Insider, Minggu (12/11/2017), bahasa China adalah salah satu bahasa terbesar di dunia dengan penutur mencapai 1,2 miliar orang. Ada 2 jenis dialek yang membentuk bahasa China, yakni Mandarin dan Kanton.

Bahasa Mandarin sendiri memiliki jumlah penutur mencapai 1 miliar orang. Bahasa ini dianggap akan terus penting dalam dunia bisnis di masa mendatang.

Empat keluarga kaya ini mendorong putra-putrinya untuk belajar bahasa Mandarin. Berikut uraiannya.

Jeff Bezos

Pendiri Amazon Jeff Bezos dan sang istri, MacKenzie memiliki 4 orang anak. Mereka telah bereksperimen dengan banyak subyek untuk mendidik keempat buah hati mereka.

Pendiri Amazon.com, Jeff BezosRichard Brian/Reuters Pendiri Amazon.com, Jeff Bezos
"Kami sudah mencoba semua hal, termasuk bepergian, eksperimen sains di dapur, inkubasi ayam, bahasa Mandarin, program matematika Singapura, dan banyak klub dan olahraga dengan anak-anak lain dari lingkungan sekitar," kata MacKenzie.

Mark Zuckerberg

CEO Facebook Mark Zuckerberg mempelajari bahasa Mandarin beberapa waktu lalu dan perkembangan kemampuan berbahasanya sangat menggembirakan. Bahkan, ia bisa melakukan sesi tanya jawab selama 30 menit dalam bahasa Mandarin.

Adapun istri Zuckerberg, Priscilla Chan, adalah anak dari pengungsi China yang melarikan diri dari Vietnam. Chan fasih berbicara bahasa Kanton.

Mark Zuckerberg dan Priscilla Chan dapat momongan kedua.Mark Zuckerberg Mark Zuckerberg dan Priscilla Chan dapat momongan kedua.
Zuckerberg dan Chan telah mengenalkan bahasa Mandarin kepada putri mereka, Max. Zuckerberg mengunggah video pada akun Facebook pribadinya yang menunjukkan asisten pribadinya yang merupakan kecerdasan artifisial, mengajarkan bahasa Mandarin pada Max.

Ivanka Trump

Putri Presiden AS Donald Trump ini memiliki 3 orang anak bersama sang suami, Jared Kushner. Pasangan ini merekrut pengasuh yang berbahasa Mandarin untuk membantu membawa bahasa tersebut ke dalam keluarga mereka.

Inilah foto Ivanka Trump dan suaminya usai menghadiri jamuan makan malam di Washington DC.Twitter/Independent Inilah foto Ivanka Trump dan suaminya usai menghadiri jamuan makan malam di Washington DC.
Putri tertua, Arabella (5), menunjukkan kemampuan bahasa Mandarinnya dengan menyanyikan lagu "Selamat Tahun Baru" dalam bahasa itu pada awal tahun ini.

Pangeran William

Pangeran William dari Inggris beserta sang istri, Kate Middleton telah memiliki 2 orang anak dan Kate tengah mengandung anak ketiga mereka. Pangeran George (4) telah memulai sekolah di Thomas’ Battersea di London yang mengajarkan bahasa Mandarin pula.

Keluarga Duke of Cambridge (Pangeran William) dan keluarga tiba di Hamburg, Jerman, pada 21 Juli 2017. Istana Kensington mengumumkan bahwa Duchess of Cambridge (Kate Middleto) sedang mengandung anak ketiga.AFP PHOTO / Patrik STOLLARZ Keluarga Duke of Cambridge (Pangeran William) dan keluarga tiba di Hamburg, Jerman, pada 21 Juli 2017. Istana Kensington mengumumkan bahwa Duchess of Cambridge (Kate Middleto) sedang mengandung anak ketiga.
Namun, Pangeran George bukan satu-satunya yang mempelajari bahasa Mandarin di keluarga. Beberapa waktu lalu, sang ayah mengucapkan selamat tahun baru Imlek dalam bahasa Mandarin.

PenulisSakina Rakhma Diah Setiawan
EditorKurnia Sari Aziza
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM