Bunga Global IDR Bonds Lebih Tinggi dari SUN dan ORI - Kompas.com

Bunga Global IDR Bonds Lebih Tinggi dari SUN dan ORI

Andri Donnal Putera
Kompas.com - 13/11/2017, 06:43 WIB
IlustrasiTHINKSTOCK Ilustrasi

MALANG, KOMPAS.com - Head of Capital Market Mandiri Sekuritas, Yanuar Restanto, menyebut produk investasi Global IDR Bonds tawarkan kesempatan investor memodali proyek infrastruktur dengan bunga lebih besar dari surat utang negara (SUN) maupun obligasi ritel Indonesia (ORI). Hal itu dilakukan guna menarik minat investor menggunakan skema pendanaan Global IDR Bonds.

"ORI terakhir bunganya 5,9 persen kalau enggak salah untuk tiga tahun, SUN tiga tahun masih 5,4 persen. Kalau beli SUN dan ORI di level 5 koma, Global IDR di level 6 koma atau 7 sehingga mereka tertarik beli," kata Yanuar saat berbincang dengan Kompas.com di Malang, Jawa Timur, Sabtu (11/11/2017).

Global IDR Bonds merupakan surat utang dengan denominasi rupiah yang ditawarkan ke pasar internasional.

Mandiri Sekuritas menyasar investor yang berminat pada pendanaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk sektor infrastruktur, dengan pendanaan menggunakan mata uang rupiah dalam jumlah besar.

Baca juga : Obligasi Ritel Rp 5 Juta - Rp 50 Juta Digemari

Mandiri Sekuritas melihat, investor yang dianggap cocok dengan skema Global IDR Bonds adalah mereka yang ingin investasi dengan risiko kecil,  dengan emiten yang dianggap memenuhi kriteria tersebut berasal dari BUMN.

Untuk lama pendanaan yang dibutuhkan biasanya investor memilih perusahaan yang punya jangka waktu tiga, lima, tujuh, hingga sepuluh tahun.

"Sektor sebenarnya bisa apa saja. Tapi, saat ini, emiten yang butuh rupiah dalam jumlah besar cuma infrastruktur," tutur Yanuar.

Kompas TV Pasar Investasi Lebih Menarik Dibanding Pasar Saham

PenulisAndri Donnal Putera
EditorErlangga Djumena

Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM