Bakal Sederhanakan Golongan Listrik, Ini Penjelasan Bos PLN - Kompas.com

Bakal Sederhanakan Golongan Listrik, Ini Penjelasan Bos PLN

Sakina Rakhma Diah Setiawan
Kompas.com - 13/11/2017, 17:05 WIB
Dari kiri ke kanan, Dirut PLN Sofyan Basir, Presiden Joko Widodo dan Menteri ESDM Ignasius Jonan di Serang, Banten, Kamis (5/10/2017).KOMPAS.com/ PRAMDIA ARHANDO JULIANTO Dari kiri ke kanan, Dirut PLN Sofyan Basir, Presiden Joko Widodo dan Menteri ESDM Ignasius Jonan di Serang, Banten, Kamis (5/10/2017).

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah dalam hal ini adalah Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dan PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) tengah mematangkan rencana penyederhanaan golongan listrik rumah tangga nonsubsidi.

Direktur Utama PLN Sofyan Basir mengatakan, rencana ini masih dibicarakan bersama Menteri ESDM Ignasius Jonan.

"Mau bicara dulu dengan Pak Menteri (Jonan). Besok pagi dipanggil," kata Sofyan di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Senin (13/11/2017).

Menurut dia, dengan kebijakan tersebut, maka pelanggan yang ingin menambah daya listrik tidak akan sulit. Pasalnya, akan merepotkan apabila pelanggan terus-menerus menambah daya.

Baca juga : Hapus Golongan Listrik, Pemerintah Pastikan Tak Ada Kenaikan Tarif

"Rencananya, kami ingin kalau pelanggan menambah daya tidak sulit. Kan menambah uang terus kalau mau tambah (daya). Rencana kami, sekaligus saja, misal dari 1.300 (VA) langsung saja ke 4.400 (VA), tidak ada biaya," jelasnya.

Sofyan menegaskan, penyederhanaan kelas golongan listrik tersebut tidak diikuti dengan kenaikan tarif listrik. Selain itu, hal ini pun akan berdampak positif bagi masyarakat.

"Kami upayakan nanti ada rencana positif bagi kepentingan masyarakat yang ingin tambah daya mereka tidak membayar," jelas Sofyan.

Mantan Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk ini pun mengungkapkan, pihaknya masih melakukan penghitungan. Di samping itu, pembahasan dengan Menteri ESDM pun masih terus dilakukan.

Baca juga : Soal Penghapusan Golongan Listrik, Jonan Akan Bahas dengan DPR

Ia pun menegaskan, kapasitas PLN mencukupi untuk kebijakan tersebut. Sofyan juga mengungkapkan, akan baik apabila kebijakan tersebut dapat segera terealisasi. 

Adapun terkait alasan rencana penyederhanaan golongan listrik rumah tangga nonsubsidi tersebut, Sofyan mengaku banyak permintaan dari masyarakat. "Banyak permintaan dari masyarakat," tuturnya.

Seperti diketahui, golongan 450 VA dan golongan 900 VA yang disubsidi pemerintah tidak mengalami perubahan.

Penyederhanaan hanya berlaku bagi pelanggan dengan golongan 900 VA tanpa subsidi, 1.300 VA, 2.200 VA, dan 3.300 VA.

Baca juga : Pemerintah Akan Hapus Golongan Listrik 900 VA hingga 2.200 VA

Semua golongan tersebut akan dinaikkan dan ditambah dayanya menjadi 4.400 VA. Adapun golongan 4.400 VA hingga 12.600 VA dinaikkan dan ditambahkan dayanya menjadi 13.000 VA.

Sementara itu, golongan 13.000 VA ke atas, dayanya akan di-loss stroom.

Kompas TV Seorang pemuda dari Kasihan, Bantul, Yogyakarta membuat inovasi alat membatik yaitu kompor pemanas malam listrik.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisSakina Rakhma Diah Setiawan
EditorAprillia Ika

Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM