BTN Uji Tuntas Akuisisi Danareksa Finance, BRI Rampungkan Pencaplokan BAV - Kompas.com

BTN Uji Tuntas Akuisisi Danareksa Finance, BRI Rampungkan Pencaplokan BAV

Kompas.com - 14/11/2017, 07:03 WIB
Ilustrasi: merger dan akuisisiThinkstockphotos.com Ilustrasi: merger dan akuisisi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dua bank pelat merah akan melakukan korporasi dengan mengakuisisi lembaga keuangan non-bank sesama BUMN.

Dalam aksi korporasi ini, PT Bank Tabungan Negara Tbk ( BTN) mengakuisisi PT Danareksa Finance dan PT Bank Rakyat Indonesia Tbk ( BRI) mencaplok Bahana Artha Ventura (BAV).

Mengutip Kontan, Selasa (14/11/2017), proses akusisi PT Danareksa Finance oleh PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) masih terus berlanjut. Proses akuisisi ini diharapkan akan rampung di akhir tahun 2017.

Menurut Direktur BTN, Mahelan Prabantarikso, Saat ini proses akuisisi masih pada tahap uji tuntas (due dillengence). ”Kami berharap akhir tahun 2017 bisa diselesaikan,” ujar Mahelan kepada Kontan.co.id, Senin (13/11/2017).

Mahelan juga menjelaskan, targetnya BTN akan mengakuisisi kepemilikan Danareksa Finance hingga 80 persen. Adapun nilai investasinya juga masih dalam tahap negosiasi.

“Tujuan akuisisi adalah BTN ingin membiayai segmen yang non-bankable tapi feasible. Segmen ini cukup besar potensinya. Kami akan lakukan dengan pola Kolaborasi ABCG yaitu akademisi, business, community dan government,” jelas Mahelan lebih lanjut.

Nantinya anak perusahaan BTN akan tetsp bergerak pada bisnis sektor perumahan seperti induknya. Ke depannya BTN juga berencana untuk mengambil alih PT Danareksa Investment Management dan salah satu perusahaan asuransi. Namun dia tidak menjelaskan detail soal 2 perusahaan ini.

“Betul rencana dua perusahaan itu akan dilakukan pada 2018. Saat ini akan fokus dahulu pada proses Danareksa Finance,” tutup Mahelan.

BRI Caplok Bahana Ventura

Sementara itu, dalam waktu dekat ini BRI akan mengakuisisi 35 persen saham Bahana Artha Ventura (BAV).

Deputi Bidang Usaha Jasa Keuangan, Jasa Survei, dan Konsultan Kementerian BUMN Gatot Trihargo, menuturkan melalui akusisi BAV ini, BRI diharapkan bisa memiliki perusahaan ventura sendiri.

"Perusahaan ventura bisa digunakan BRI untuk meningkatkan kelas debitur," kata Gatot, Senin (13/11/2017).

Selain itu perusahaan ventura bisa digunakan untuk mengoptimalkan penyaluran pembiayaan modal kerja BRI. Hal ini karena BAV sudah ada di 27 provinsi di Indonesia.

Sebelumnya BRI telah mengumumkan secara resmi akan melakukan akusisi 35 persen saham PT Bahana Artha Ventura (BAV).

Akusisi ini dilakukan dengan cara private placement atau menerbitkan saham tanpa hak memesan efek terlebih dahulu. Dengan metode ini BRI akan memiliki 35% saham BAV.

"Diharapkan bulan ini sudah efektif, kami sudah memiliki rencana ke depan (roadmap) untuk BAV," kata Dirut Suprajarto, Senin (13/11/2017).

Perjanjian awal private placement ini dilakukan pada 9 November 2017. Sebagai informasi antara BRI dan BAV memiliki kesamaan pemegang saham pengendali yaitu Pemerintah RI, sehingga transaksi ini dikategorikan sebagai transaksi afiliasi.

 

Berita ini diambil dari Kontan.co.id dengan judul: BRI beli Bahana Ventura, ini penjelasan pemerintah dan Akuisisi, BTN uji tuntas saham Danareksa Finance


EditorBambang Priyo Jatmiko
Sumber

Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM