Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Laju IHSG Tunggu Data Neraca Perdagangan

Kompas.com - 15/11/2017, 08:53 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) kemarin ditutup melemah 0,55 persen menjadi 5.988,29. Investor asing juga masih mencatatkan net sell Rp 721,86 miliar.

Mengutip Kontan.co.id, analis Binaartha Parama Sekuritas Muhammad Nafan Aji menilai, pelemahan IHSG disebabkan faktor eksternal.

Data penjualan ritel dan realisasi produksi industri di Tiongkok yang di bawah ekspektasi pasar membawa sentimen negatif. Pembahasan kebijakan reformasi pajak di Amerika Serikat juga belum ada titik terang.

Adapun Kepala Riset Paramitra Alfa Sekuritas Kevin Juido menyebutkan, IHSG juga turun lantaran sentimen di pasar minim.

"Potensi profit taking wajar terjadi pada November dan Desember karena investor akan mengambil cash menjelang natal dan tahun baru," ungkap dia.

Nafan memprediksi IHSG hari ini Rabu (15/11/2017) masih melemah. "Pasar akan mencermati rilis data neraca perdagangan Oktober yang diperkirakan tetap surplus namun lebih rendah dibandingkan bulan sebelumnya." kata dia. Nafan menganalisa IHSG hari ini akan turun di level 5.954–6.056.

Sedangkan Kevin memperkirakan IHSG naik di rentang 5.972–6.038. Analis Reliance Sekuritas Lanjar Nafi melihat IHSG masih tertekan di support 5.970 dan resistance 6.000.

 

Berita ini diambil dari Kontan.co.id dengan judul: IHSG mencermati data neraca dagang

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com